Pantai Tirang

Terletak di ujung landasan pacu Bandara Udara Internasional Ahmad Yani Semarang (SRG), kurang lebih sekitar 5 Kilometer jarak udara dari Pantai Marina. Salah satu pantai di Kota Semarang yang memberikan akses kepada para Dolaners untuk menikmati sunset dengan lalu lalang pesawat.

Pantai Tirang

Photo by retsu69.blogspot.co.id

Tak hanya Pantai Marina, Semarang juga memiliki beberapa pantai indah lainnya. Salah satunya adalah Pantai Tirang. Berlokasi di kawasan Tugurejo, akses perjalanan menuju Pantai Tirang Semarang terbilang mudah, Dolaners dapat mengaksesnya dari arah mana saja di Kota Semarang. Jika Dolaners berangkat dari daerah Kendal, Dolaners dapat mengambil arah ke Timur kemudian masuk ke Bundaran Kali Banteng (tak jauh dari museum Ronggawarsito Jawa Tengah). Dari Bundaran Kali Banteng, Dolaners lanjutkan perjalanan menuju Jl. RE. Martadinata (jalur arah ke Surabaya), kemudian Dolaners akan menjumpai SPBU, lalu berbelok ke kiri ke arah Supermarket Giant (PRPP). Dari kawasan PRPP, Dolaners tinggal langsung meluncur ke arah Pantai Marina. Namun apabila perjalanan Dolaners dimulai dari Demak, Dolaners dapat langsung masuk ke pusat kota Semarang atau ke arah jalan arteri (Jalan RE. Martadinata), kemudian langsung menuju ke arah PRPP dilanjutkan ke Pantai Marina. Dari sini, perjalanan Dolaners dilanjutkan sejauh 5 km untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Tirang. Terdapat beberapa tips untuk mendapatkan lokasi strategis saat memancing di Pantai Tirang. Pertama, untuk berburu ikan barramundi, susuri saja wilayah barat Pantai Tirang.

Di kawasan ini ada daratan seluas kurang lebih 20 meter yang dikelilingi oleh laut. Menurut cerita yang beredar, dulunya daratan ini merupakan bekas tambak yang jebol. Nah di kawasan ini terdapat banyak pohon mati yang dimanfaatkan sebagai habitat untuk ikan barramundi. Tak hanya itu, ada satu lagi spot di Pantai Tirang Semarang yang dikenal sebagai rumah atau habitat ikan sembilang dan ikan kedokan. Tempat ini tidak lain adalah muara Sungai Silandak, perbatasan antara Pantai Tirang dengan Pantai Maron. Selain untuk wisata pemancingan, di Pantai Tirang juga terdapat hutan bakau atau hutan mangrove yang masih alami dan bila ingin tahu tentang mangrove Dolaners bisa berkunjung di pantai ini. Pantai di Semarang ini cocok sekali bagi Dolaners yang menyukai suasana pantai yang sepi dan damai. Disini, Dolaners juga dapat menyaksikan langsung kegiatan nelayan yang sedang membudidayakan rumput laut. Kala sore tiba, selain dapat melihat indahnya sunset, Pantai Tirang juga menawarkan pemandangan kuntul dan blekok di sekitar pohon mangrove yang ada di sekitar pantai. Puas menikmati Pantai Tirang, Dolaners juga bisa sekaligus mampir ke Pantai Marina yang jarkanya memang cukup dekat.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses perjalanan menuju Pantai Tirang Semarang terbilang mudah, Dolaners dapat mengaksesnya dari arah mana saja di Kota Semarang. Jika Dolaners berangkat dari daerah Kendal, Dolaners dapat mengambil arah ke Timur kemudian masuk ke Bundaran Kali Banteng (tak jauh dari museum Ronggawarsito Jawa Tengah). Dari Bundaran Kali Banteng, Dolaners lanjutkan perjalanan menuju Jl. RE. Martadinata (jalur arah ke Surabaya), kemudian Dolaners akan menjumpai SPBU, lalu berbelok ke kiri ke arah Supermarket Giant (PRPP). Dari kawasan PRPP, Dolaners tinggal langsung meluncur ke arah Pantai Marina. Namun apabila perjalanan Dolaners dimulai dari Demak, Dolaners dapat langsung masuk ke pusat kota Semarang atau ke arah jalan arteri (Jalan RE. Martadinata), kemudian langsung menuju ke arah PRPP dilanjutkan ke Pantai Marina. Dari sini, perjalanan Dolaners dilanjutkan sejauh 5 km untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Tirang.
Untuk dapat sampai ke Pantai Tirang ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, jika dari Yogyakarta bisa menggunakan kendaraan umum berupa bus jurusan Yogyakarta – Semarang hingga terminal terboyo, dari tempat ini Dolaners bisa menggunakan angkutan yang menuju Pantai Tirang.