Pantai Wediombo

Pantai menawan di kawasan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berbentuk teluk dengan keistimewaan adanya kolam renang alami yang terbentuk dari cekungan karang di sisi pantai. Karang-karang besar juga menjadi background yang sering dijadikan spot untuk berfoto para Dolaners ketika berkunjung ke Pantai Wediombo ini.

Pantai Wediombo

Photo by pariwisata.jogjakota.go.id

Pantai Wediombo merupakan pantai yang berbentuk teluk dengan dinding perbukitan yang berwarna hijau subur. Pemandangan di kawasan pantai ini cukup indah dan sangat sesuai bagi Dolaners pecinta olahraga hiking. Berkemah di kawasan pantai Wediombo adalah kegiatan yang menyenangkan karena lingkungan sekitar yang tenang sangat mendukung. Berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar 40 km arah tenggara kota Wonosari, atau jarak pantai dari pusat kota Jogja kurang lebih 80 kilometer, dan dapat dicapai dengan kendaraan milik pribadi atau kendaraan umum. Kendaraan umum yang tersedia berupa mini bus yang mengambil trayek Jogja-Wonosari. Di Pantai Wediombo ini Dolaners akan disuguhi pemandangan dari jalan di atas Pantai wediombo luar biasa, terlihat jelas warna laut yang kuning-kehijauan, pasir pantai yang putih bersih.

Di pantai ini terdapat banyak pohon yang rindang, jadi Dolaners bisa duduk di bawahnya sambil menikmati keindahan pantai. Pantai Wediombo ini juga memiliki gugusan karang dengan bentuk yang unuk dan menawan. Karang yang menjorok ke laut tersebut dapat digunakan untuk tempat memancing. Dikawasan ini banyak terdapat ikan laut seperti kerapu, tenggiri, ikan cucut dan kalau beruntung, anda akan mendapatkan ikan kakap batu yang beratnya bisa belasan kilogram. Selanjutnya jika arahkan pandangan ke sisi kanan dan kiri pantai ini akan Dolanersdapati perbukitan yang hijau dan banyak tanaman yang tumbuh subur di tempat tersebut. Bagi Dolaners yang suka berpetualang seperti hiking, pantai Wediombo Yogyakarta sangat tepat untuk dijadikan tempat kegiatan tersebut. Tak hanya itu, bagi yang hobby fotografi juga bisa hunting foto disini. Apalagi jika moment matahari tenggelam tiba, view yang dihadirkan oleh Pantai Wediombo sangalah romantis. Keindahan yang dapat Dolaners nikmati selanjutnya adalah berselancar atau surfing , karena Pantai Wediombo Jogja ini mempunyai ombak yang besar dan cocok untuk olah raga selancar. Jangan lewatkan pula mencicipi kuliner aneka olahan seafood yang dijamin akan menggoyang lidah Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
  1. Rute dari Jogja ke Pantai Wediombo : Yogyakarta – Wonosari ke selatan (arah Pantai Baron) kurang lebih 9 km ada pertigaan di Desa Mulo, kalau lurus ke arah Pantai Baron. Ambil yang ke Kiri Jurusan Mentel – Bintaos – Tepus – Pertigaan Pasar Jepitu – ke kanan lurus ke arah pantai Wediombo.
  1. Rute dari Klaten ke Pantai Wediombo : Semanu – Giripanggung – Cuelo – Pertigaan Pasar Jepitu – belok kanan – lurus ke arah pantai Wediombo.
  1. Rute dari Sukoharjo ke Pantai Wediombo : Praci – arah Kecamatan Rongkop – ke selatan arah Nglindur – Pertigaan sebelum Pasar Ngrancah (di tengah ada Tugunya) belok kanan – ada Pertigaan Pasar Jepitu – belok kiri – lurus ke arah pantai Wediombo.
Bagi Dolaners yang menggunakan transportasi umum, Dolaners bisa naik bus yang berangkat dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Dari sini, Dolaners bisa naik bus jurusan jogja-wonosari, setelah sampai di Wonosari naikk bus kecil jurusan Wonosari-Jepitu. Bus ini akan berangkat setiap 20 menit sekali. Kemudian Dolaners turun di per3an Jepitu, satu-satunya cara untuk sampai ke pantai Wediombo dari pertigaan tersebut dengan menggunakan jasa ojek dn akan diantarkan hingga ke Pantai Wediombo Yogyakarta.