Pegunungan Karst Rammang-Rammang

Dikenal sebagai Hutan Batu terbesar di Indonesia, Kawasan Pegunungan Karst Rammang-Rammang menghadirkan panorama keindahan alam Indonesia yang tersembunyi di tanah Makassar.

Pegunungan Karst Makassar

Photo by ardiyanta.com

Karst merupakan gugusan tebing Cadas yang terbentuk oleh erosi bawah tanah batuan seperti Batu Kapur dan Marmer yang larut dalam air. Kawasan Pegunungan Karst Rammang-Rammang Makassar ini juga dikenal sebagai Hutan Batu terbesar dan terindah kedua di Dunia setelah Karst di Yunnan, Cina. Kawasan Karst Maros sendiri terbentuk oleh batuan gamping sejak ribuan tahun yang lalu membentang di wilayah kabupaten Maros dan kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, dengan luas sekitar kurang lebih 40 ribu hektar. Untuk menuju ke lokasi Taman Karst Rammang-Rammang, Dolaners bisa berangkat dari pusat kota Makassar menuju ke Kabupaten Pangkep. Sampai di kawasan Maros, berhentilah tepat di gerbang pintu masuk pabrik Bosowa Maros. Sekitar 2 kilometer dari gerbang masuk pabrik Bosowa, pada sisi kiri carilah kantor PLN untuk memulai eksplore Pegunungan Karst Rammang-Rammang dari jalur darat, sedang bila ingin menikmati taman karst tersebut melalui jalur sungai berhentilah tepat di jembatan besar Rammang-rammang (setelah kantor PLN) untuk mengambil ojek Perahu.

Keunikan Karst Rammang-Rammang terletak pada bentuknya yang seperti menara dan benteng batu yang berdiri sendiri maupun berkelompok membentuk gugusan pegunungan batu gamping yang menjulang tinggi dengan berbagai macam bentuk yang unik, ada sebuah menara batu yang jika dilihat dari titik yang pas akan membentuk siluet wajah. Selain menikmati indah tebing batu, Dolaners juga dapat menjelajahi Gua-gua disekitar Karst Rammang-Rammang dengan bantuan pemandu setempat, tentunya dengan peralatan dan pakaian yang sesuai dengan wisata jelajah Gua. Berdasarkan sumber dari sejumlah peneliti geologi dan arkeologi nasional dan internasional yang pernah meneliti di kawasan Karst Rammang-Rammang tersebut, menyebutkan terdapat sekitar 400-an goa berada di kawasan karst tersebut. Dan sebanyak 89 di antaranya, merupakan goa prasejarah yang merupakan bekas tempat tinggal manusia purba ribuan tahun lalu.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk menuju ke lokasi Taman Karst Rammang-Rammang, Dolaners bisa berangkat dari pusat kota Makassar menuju ke Kabupaten Pangkep. Sampai di kawasan Maros, berhentilah tepat di gerbang pintu masuk pabrik Bosowa Maros. Sekitar 2 kilometer dari gerbang masuk pabrik Bosowa, pada sisi kiri carilah kantor PLN untuk memulai eksplore Pegunungan Karst Rammang-Rammang dari jalur darat, sedang bila ingin menikmati taman karst tersebut melalui jalur sungai berhentilah tepat di jembatan besar Rammang-rammang (setelah kantor PLN) untuk mengambil ojek Perahu.
Untuk mencapai Karst Rammang-Rammang, Dolaners bisa menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4, baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bagi yang menggunkana jasa transportasi umum, bisa naik pete-pete jurusan pangkep kemudian turun di pertigaan jalan masuk semen bosowa. jarak dari pertigaan sampai dermaga sekitar 1.5 km jika tidak mau jalan kaki Dolaners bisa naik ojek. Sampai di Dermaga Rammang – Rammang berada disisi kiri jembatan pertama dari jalur masuk semen bosowa. Jika Dolaners ingin berkunjung ke Telaga bidadari dan Gua telapak tangan anda bisa memilih jalur samping kantor PLN jaraknya sekitar 3 km, untuk lebih jelas silahkan bertanya di penduduk.