Pemandian Air Panas Ciater

Air yang ada juga bukan sembarang air, karena air di Pemandian Air Panas Ciater mengandung kalsium, magnesium, chloride, sulfat, thermo, mineral, serta hypertherma dan kadar aluminium dan keasaman yang tinggi yaitu 38,5 equiv persen dan ph 2,45.

Wisata Air Panas Ciater

Photo by maskedpro-blog.blogspot.co.id

Pemandian Air Panas Ciater terletak tidak jauh dari kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu, yakni tepatnya berada di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Air panas yang dihasilkan di pemandian ini juga berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu. Suhu air panas yang berasal dari mata air Ciater berkisar antara 43-46 derajat Celcius. Sedangkan air yang sudah dialirkan ke kolam Pemandian Air Panas Ciater memiliki temperatur antara 37-42 derajat Celsius. Dengan kandungan belerang dan komposisi yang sempurna, air panas di Pemandian Air Panas Ciater ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit, dan juga sebagai sarana terapi untuk rematik, gangguan syaraf dan tulang. Selain itu, air panas di Pemandian Air Panas Ciater ini juga dapat digunakan sebagai penyembuh kelumpuhan akibat penyakit stroke dan darah tinggi.

Selain hanya berendam di kolam Pemandian Air Panas Ciater, di wisata Ciater ini Dolaners juga bisa melakukan kegiatan menarik lainnya, seperti bersepeda, berenang, memancing, berperahu dan mendayung, arung jeram, berkuda, tenis lapangan, basket, voli, mini golf, gokart, berkemah, outbond, wahana permainan anak-anak, jalan-jalan di perkebunan teh, sampai mengunjungi tempat kerajinan keramik Ciater. Jika Dolaners ingin menginap dan menghabiskan malam dalam perjalanan wisata Ciater Subang, telah tersedia beragam penginapan, bahkan bungalo berbagai tipe yang dapat dipilih. Tentu saja, ada beberapa penginapan yang juga menyediakan fasilitas internet hotspot 24 non-stop. Bagi yang menginginkan berendam dengan suasana yang lebih privat, tersedia juga kamar kamar khusus di mana Dolaners bisa berendam dengan lebih leluasa. Dengan segala keistimewaan yang bisa didapatkan tersebut, Dolaners hanya perlu membayar tiket masuk kawasan wisata Pemandian Air Panas Ciater seharga Rp. 15.000,- saja, sangat murah sekali bukan.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan untuk bisa sampai di Wisata Pemandian Air Panas Ciater ini tidaklah sulit untuk dijangkau. Jarak antara Ciater dengan Kota Bandung hanyalah sekitar 32 km dan memakan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jika Dolaners berangkat dari kawasan Lembang, maka hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Pemandian Air Panas Ciater, yakni hanya berjarak sekitar 15 km. Dari kawah Gunung Tangkuban Perahu, jarak ke Ciater hanya sekitar 7 km saja. Atau jika Dolaners berangkat dari Jakarta, rute perjalanan Jakarta – Ciater dapat ditempuh melalui 2 opsi jalur, yaitu lewat jalur Puncak (212 km) dan jalur tol Cikampek – Bekasi (185 km).
Menuju ke Wisata Air Panas Ciater, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bagi yang menggunakan angkutan umum, maka setelah tiba di kota Bandung, Dolanersselanjutnya dapat mengambil angkot menuju terminal Ledeng. Lalu, dari terminal ini naik lagi angkot jurusan Ledeng – Lembang. Dan setelah tiba di terminal Lembang, Dolaners dapat mengambil angkutan umum jurusan Lembang – Subang. Dari terminal Lembang, perjalanan ke Wisata Ciater hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Dolaners akan turun di Jln. Cagak, Kecamatan Ciater dan telah sampai di lokasi Wisata Air Panas Ciater tersebut.