Pulau Khayangan

Pulau kecil berpasir putih yang sangat terkenal akan panorama pemandangan alam yang begitu indah dan hamparan pantai pasir putih bersih membentang disepanjang pantai Pulau Khayangan.

Pulau Khayangan

Photo by panduanwisata.id

Mendengar kata Khanyang, pastilah yang terbersit di pikiran Dolaners adalah tempat yang indah yang istimewa yang hanya ada di negeri dongeng. Namun jangan salah, di Makassar ada loh tempat yang seperti itu. Terdapat juga pemandangan bebatuan karang yang nampak jelas terlihat disebabkan karena begitu jernihnya air laut di sekitar pulau khayangan ini. Pulau Khayangan ini sebelumnya bernama Meraux atau Marrouw. Untuk berwisata di Pulau Khayangan ini aksesnya sangatlah mudah, dari pusat kota Makassar, Dolaners tinggal mengarahkan kendaraan menuju ke tempat wisata bersejarah Benteng Fort Rotterdam yang masih satu kawasan dengan Pantai Losari. Dari sini Dolaners hanya butuh waktu sekitar 15 menit berlayar dari dermaga khusus penyeberangan dengan menggunakan perahu motor. Dermaga ke Pulau Khayangan ini, terletak di Jl. Ujungpandang atau tepatnya di depan Benteng Rotterdam Makassar.

Sementara soal biaya, Dolaners tidaklah perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena biaya tiket menyebrang hanya Rp. 20.000,- saja. Pulau ini dikelola sebagai resort serta menjadi tempat favorit untuk liburan sejak thn 1964. Pulau Khayangan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang berstandar internasional mulai dari fasilitas penginapan, restoran, gedung serba guna, sarana olah raga air, anjungan memancing dan permainan anak-anak. Di bagian lain terdapat beberapa buah aquarium yang didalamnya terdapat beraneka ragam jenis ikan hias air laut. Ada satu spot lagi yang sangat menarik untuk Dolaners kunjungi dan coba yakni dari rumah panggung yang menjorok di atas laut yang ada di sisi barat Pulau Khayangan.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk berwisata di Pulau Khayangan ini aksesnya sangatlah mudah, dari pusat kota Makassar, Dolaners tinggal mengarahkan kendaraan menuju ke tempat wisata bersejarah Benteng Fort Rotterdam yang masih satu kawasan dengan Pantai Losari. Dari sini Dolaners hanya butuh waktu sekitar 15 menit berlayar dari dermaga khusus penyeberangan dengan menggunakan perahu motor. Dermaga ke Pulau Khayangan ini, terletak di Jl. Ujungpandang atau tepatnya di depan Benteng Rotterdam Makassar.
Sementara soal biaya, Dolaners tidaklah perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena biaya tiket menyebrang hanya Rp. 20.000,- saja.
Jika naik kendaraan umum, Dolaners bisa menggunakan bus bandara yang akan membawa Dolaners ke sekitar Pantai Losari. Kemudian dari sana tinggal berjalan kaki menuju ke Benteng Fort Rotterdam ini. Atau Dolaners juga bisa naik bus damri maupun angkutan umum berkode L yang menuju ke Pantai Losari. Dan dari kawasan Benteng Fort Rotterdam ini, Dolaners tinggal menuju dermaga yang berada tepat di depan benteng, untuk kemudian melakukan peyebrangan menuju ke Pulau Khayangan. Sementara soal biaya, Dolaners tidaklah perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena biaya tiket menyebrang hanya Rp. 20.000,- saja.