Pundong Imogiri

Disuguhkan bersama hamparan sawah yang hijau dan asri dengan background Gunung Merapi, Pundong Imogiri menjadi salah satu spot terbaik untuk menemukan sunrise yang menawan di Daeirah Istimewa Yogyakarta.

Pundung Imogiri

Photo by panoramio.com/user/5172847

Pundong Imogiri merupakan sebuah kawasan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang namanya perlahan mulai naik daun. Berada di Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi Pundong Imogiri beserta jembatannya yang iconik ini sangat mudah. Dolaners dapat melewati jalur utama menuju Parangtritis, yaitu jalan raya Parangtritis. Mbaksist dan Masbro dapat mengikuti papan petunjuk ke arah Parangtritis hingga menemukan petunjuk ke arah Pundong, dan berbeloklah ketimur menuju ke jembatan Pundong. Jarak dari jalan Parangtritis menuju jembatan ini kurang lebih sekitar 1 kilometer. Pundong Imogiri semakin dikenal sampai ke penjuru dunia semenjak terjadi gempa dahsyat di Yogyakarta. Gempa tersebut memang pernah meninggalkan dampak yang parah di daerah ini, namun hal tersebut kini tinggal mimpi buruk. Di balik itu kawasan Pundong Imogiri menyimpan keelokan panoraman matahari terbit yang membuat Dolaners takjub.

Dengan udara khas ala pedesaan yang masih alami semakin menjadikan waktu menanti sunrise Dolaners menjadi lebih menyenangkan. Hal lain yang dapat nikmati di kawasan Pundong Imogiri ini selain jembatan adalah panorama dan suasana pedesaan khas kabupaten Bantul yang asri di Pundong. Sawah, bukit, angin sejuk, petani, dan penduduk yang ramah menjadi sebuah pengalaman yang menenangkan pikiran. Datanglah ke sini saat pagi maka Dolaners dapat mengamati kehidupan petani di sawah.


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Berada di Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi Pundong Imogiri beserta jembatannya yang iconik ini sangat mudah. Dolaners dapat melewati jalur utama menuju Parangtritis, yaitu jalan raya Parangtritis. Mbaksist dan Masbro dapat mengikuti papan petunjuk ke arah Parangtritis hingga menemukan petunjuk ke arah Pundong, dan berbeloklah ketimur menuju ke jembatan Pundong. Jarak dari jalan Parangtritis menuju jembatan ini kurang lebih sekitar 1 kilometer.
Bagi Dolaners yang menggunakan transportasi umum untuk bisa samapi di kawasan Pundong Imogiri, maka bisa menggunakan angkutan umum yang biasa menuju ke Pantai Parangtritis. Dolaners bisa berangkat dari terminal Giwangan dan naik bus umum dengan trayek Jogja – Parangtritis. Kemudian turun di kawasan Pundong Imogiri, Yogyakarta.