Pura Batu Bolong

Pantai Senggigi Lombok memiliki pesona wisata tersendiri yang sangat unik. Pada tebing karang di pantai tersebut tertancap kuat pura umat Hindu. Pura yang dikenal dengan sebutan Pura Batu Bolong.

Pura Batu Bolong

Photo by tipsjalan.com

Nama ini memang unik diambil dari nama batu karang tempat berdirinya pura. Keadaan batu karang yang berlubang atau bolong di tengah bagian bawah oleh kikisan ombak air. Pada Pura Batu Bolong sebenarnya terdapat dua bangunan pura, yaitu Pura Ratu Gede Mas Mecaling yang letaknya di bawah pohon di dekat pintu masuk. Sedangkan bangunan kedua letaknya di ujung tebing dengan ketinggian pura mencapai empat meter. Yang menarik dari tempat wisata ini adalah suasana sunset di atas tebing. Dari atas tebing Dolaners akan dapat menikmati hembusan angin yang begitu menyegarkan, memandang jauh ke laut biru sekitar Senggigi yang bergejolak dengan buih-buih ombak yang menghantam tebing bolong tersebut.

Di Pura Batu Bolong, Dolaners boleh masuk dengan beberapa persyaratan seperti layaknya Dolaners memasuki pura-pura lain di Lombok. Dolaner diwajibkan memakai selendang kuning untuk diikatkan di pinggang dan khusus bagi wanita yang haid dilarang memasuki kawasan pura. Pura Batu Bolong di Lombok merupakan pura yang masih aktif digunakan untuk beribadah umat Hindu di Lombok khususnya warga sekitar pantai. Bila Dolaners datang ke Pura Batu Bolong maka jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan alam di sekitar Senggigi kala menjelang petang. Warna jingga akan menghiasi cakrawala dan memantulkan kilau cantik warna mentari di permukaan Pantai Senggigi. Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan dan tak akan terlupakan tentunya.

Lebih uniknya lagi bila Dolaners berkunjung ke Pura Batu Bolong pada saat lebaran. Di sana ada sebuah tradisi di mana semua masyarakat Lombok yang beragama Islam akan berkumpul di Pura Batu Bolong. Baik umat Hindu maupun muslim semua bersama-sama menikmati makanan khas Lombok yang telah disajikan. Tidak ada perbedaan antara umat beragama, semua terlihat rukun bersatu dalam sebuah tradisi. Jadi tunggu apa lagi, masukkan Pura Batu Bolong ini menjadi salah satu destinasi wisata Dolaners yang hendak berkunjung ke Lombok. Karena lokasi wisata ini keindahannya begitu menawan.


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Pura Batu Bolong ini terbilang mudah. Ini karena letaknya yang tak jauh dari Pantai Sengigi di Lombok Barat (ada di bagian atas Pulau Lombok) yang berhadapan dengan Pulau Bali, tepatnya berada di tikungan menurun sebelum menuju kawasan Senggigi bila datang dari arah Mataram. Berjarak sekitar 10-12 km dari kota Mataram dengan waktu tempuh 15-20 menit dengan menggunakan mobil. Pura ini juga dekat dengan pantai batu layar. Atau bila Dolaners dari kawasan Pantai Senggigi yang jaraknya kira-kira 1-2 km, Dolaners bisa berjalan kira-kira 30-45 menit.
Untuk dapat sampai ke Pura Batu Bolong ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan taxi, ojek atau angkutan umum dari Kota Mataram.