Pura Lingsar

Tempat wisata yang satu ini memang sangat unik dan khas sekali. Dengan latarbelakang kehidupan spiritual yang mana terdiri dari dua penganut kepercayaan, menjadikan Pura Lingsar sebagai salah satu destinasi wisata Lombok yang cukup berbeda dan istimewa.

Pura Lingsar

Photo by triptrus.com

Pura Lingsar terletak di Kecamatan Narmada, Lombok Barat ini akan memberikan Dolaners gambaran kehidupan spiritual yang akur nan rukun. Yakni antara penganut kepercayaan agama Islam dengan Hindu. Pura ini didirikan oleh Anak Agung Ngurah pada 1714. Sejak pura ini berdiri, sudah dianggap sebagai salah satu pura yang tersuci di wilayah Lombok. Memiliki kombinasi nilai agama dari kepercayaan Hindu dengan Islam. Hal inilah yang membuat Pura Lingsar menjadi destinasi wisata yang sangat istimewa.

Pura Lingsar di Lombok mempunyai 4 macam bangunan, yakni Pura Kemaliq, Gaduh, Pesiraman & pesimpangan Bhatara Bagus Balian dan Lingsar Wulon. Ketiga kawasan Kemaliq, Gaduh serta Bhatara Bagus Balian di pagari dengan tembok pembatas yang cukup besar. Disana biasanya diadakan upacara pemujaan terhadap kelahiran Ida Bhatara yang umat Hindu lakukan. Upacara tersebut dinamakan upacara Pujawali. Umat Hindu menggunakan Pura Gaduh, sedangkan umat Islam mempergunakan Kemaliq sebagai area ibadah. Suku Sasak yang menganut Islam rutin menggelar do’a bersama di kawasan Kemaliq tersebut. Sehingga rasa toleransi yang tinggi terbina antara umat Islam dengan Hindu. Selain itu satwa yang di anggap suci oleh umat Hindu juga di larang di konsumsi atau di sembelih oleh umat Islam, begitu pula sebaliknya.

Ketika Dolaners memasuki area Pura Lingsar Lombok, Dolaners di perkenankan untuk menggunakan selendang kuning yang telah di persiapkan untuk dikenakan di pinggang. Hal ini dilakukan guna memberi penghormatan kepada tempat-tempat yang di sucikan oleh pemeluk agam Hindu dan Islam. Nah, tidak jauh dari area pura, terdapat pula kolam kecil yang memiliki air jernih dan tidak pernah kekeringan. Apabila ada yang melempar koin sembari berdoa, konon katanya dapat dikabulkan apa yang menjadi doanya. Sekian ulasannya, semoga bermanfaat ya, Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips Berwisata