Pura Meru Cakranegara

Pura terbesar dan terkenal di Pulau Lombok sebagai peninggalan budaya Nusantara dengan khas keindahan pura sebagai tempat wisata yang patut dikunjungi.

Pura Meru Cakranegara

Photo by travel-pictures-gallery.com

Pura Meru Cakranegara adalah pura terbesar yang berada di Pulau Lombok. Arsitektur yang dimilikinya cukup unik yang terdiri dari Meru disertai atap yang bertingkat. Konon, pura ini didirikan pada abad ke-18 secara gotong royong oleh 33 desa yang berada di Pulau Lombok. Walaupun Pulau Lombok mayoritas berpenduduk agama Islam, akan tetapi masih ditemukan peninggalan kuno khas Hindu Jawa yang berada di jalan utama dari kota Cakranegara. Nah, salah satu peninggalan tersebut adalah Pura Meru Cakranegara ini dan lokasinya juga tak jauh dengan pura taman Mayura.

Ciri yang cukup menonjol dari pura ini adalah terlihatnya pura ini dari jalan utama sehingga akan terlihat tiga meru bertingkat dan menjulang dengan atap yang hitam tersusun dari bahan ijuk. Pura Meru Cakranegara merupakan tempat suci untuk penganut agama Hindu dan sangat terkenal disana. Pendiri pura ini adalah Anak Agung Made Karangasem pada sekitar tahun 1720. Tujuan dibangunnya tempat ini adalah untuk menyatukan beberapa tempat untuk digunakan sebagai tempat bernegosiasi dan menghakimi para pelaku kejahatan. Hingga sekarang Pura Meru Cakranegara yang terkenal ini tak hanya menjadi sebuah tempat untuk peribadatan bagi umat Hindu akan tetapi telah menjadi tempat wisata yang banyak diminati oleh para pengunjung.

Seperti telah Dolaners ketahui pada pura-pura secara umum, Pura Meru Cakranegara juga terbagi menjadi 3 bagian. Bagian yang dianggap menjadi tempat yang paling suci adalah Utama Mandala untuk beribadah umat Hindu yang didalamnya terdapat 33 Sanggah yang memiliki warna putih. Selanjutnya adalah bagian tengah yaitu Madya Mandala, tempat ini terdiri dari dua tingkat gazebo yang biasa dijadikan sebagai tempat negosiasi. Di depan pura tepat, Dolaners akan menemukan Nista Mandala, sebuah halaman yang kosong dan dijadikan sebagai tempat untuk menggelar beragam kesenian melalui upacara-upacara tertentu. Usai menikmati wisata Pura Meru Cakranegara Dolaners bisa menghampiri toko cinderamata.

Mengunjungi Pura Meru Cakranegara sekaligus mengingatkan Dolaners pada sejarah dan menghargai kebudayaan Nusantara.


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Pura Meru Cakranegara ini cukup mudah ditempuh karena letaknya yang strategis di pusat kota. Yakni Dolaners hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju kawasan Cakranegara, kemudian diteruskan ke arah pasar Cakra, karena letak Pura ini berada persisi di belakang pasar Cakra ini.
Untuk dapat sampai ke Pura Meru Cakranegara ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan taxi, ojek atau angkutan umum di Kota Mataram jurusan ampena – sweta.