Denpasar

Pura Pucak Mangu

Bali sudah sejak lama dikenal sebagai surganya wisata. Bagi sebagian besar orang, Bali adalah tempat yang sangat sakral namun tetap menyimpan berbagai hal yang patut untuk dieksplorasi keindahan sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan yang Maha Esa.

Pura Pucak Mangu

Photo by embunnusadamai.wordpress.com

Kalau sebagian besar orang berwisata ke Bali untuk menikmati wisata pantai, wisata malam, atau pun wisata belanja, maka tak ada salahnya untuk ke Bali dengan sudut pandang yang berbeda. Artinya, pergi ke Bali tak harus berhura-hura dengan euphoria yang sekadar menyenangkan hati saja, namun sesekali Dolaners perlu ke Bali untuk belajar budaya dan sebagainya. Jangan sampai kita ke Bali tak mendapatkan pengalaman dan juga ilmu. Petiklah ilmu sebanyak mungkin dimanapun kita berada. Salah satu cara menikmati pulau Bali adalah pergi ke Pura Pucak Mangu.

Pura Pucak Mangu berada di tengah Bali. Banyak yang menganggap Pura Pucak Mangu ini adalah penjaga keseimbangan Bali, mengingat pura di Bali selalu dianggap ditunggui oleh dewa yang akan menjaga Bali. Bali selalu suci, maka para masyarakat sangat menjunjung nilai agamis dalam setiap kesehariannya dan sangat menghormati para dewa dewa. Banyak agenda keagamaan dilakukan di Pura Pucak Mangu, maka bagi sesiapa saja yang mau ikut berdoa atau bersembahyang bisa ke sana. Masyarakat Bali yang ramah akan menambah rasa kekaguman kita pada Bali. Oleh sebab itu, jangan heran kalau kita akan menemui penduduk yang sangat taat sekali dengan agama mereka. Rasa yakin dan percaya kepada Dewa membuat mereka akan selalu melakukan hal hal yang pantas, maka sebagai wisataan asing atau lokal, harus tahu dri dan harus jaga sikap, perbuatan, dan juga perkataan.

Kesucian Bali memang menjadi primadona bagi para siapa saja yang berkunjung. Pura Pucak Mangu sebagai salah satu aset Bali harus tetap dijaga baik dari keamanannya maupun dari orang yang berniat buruk untuk mengotori kesuciannya. Dolaners, kalau mau tahu ilmu atau budaya Bali ada baiknya berkunjung ke Pura Pucak Mangu.


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Pura Pucak Mangu ini cukup mudah, meskipun letaknya berada di puncak gunung namun rutenya cukup mudah dilalui yakni jika Dolaners dari Badung kota, Dolaners bisa melalui rute Jl. Denpasar — Singaraja, kemudian sampai di kawasan Br. Tinggan Pelaga Petang, Badung.
Bagi Dolaners yang ingin berlibur dan mecoba berkunjung ke Pura Pucak Mangu disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Karena hingga saat ini belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke tempat ini.