Denpasar

Pura Sakenan

Pura Sakenan adalah sebuah pura yang dibangun untuk peribadatan umat Hindu Bali. Pura ini termasuk dalam wilayah Denpasar, namun terletak di sebuah pulau kecil yang terpisah dari Bali tepatnya di Pulau Serangan. Pulau Sakenan dikenal dengan sebutan pulau Penyu. Setelah mengalami reklamasi, maka Pulau Serangan ini telah terhubung dengan Bali.

Pura Sakenan

Photo by flickr.com/photos/niallcorbet/

Pura Sakenan adalah salah satu pura yang keberadaannya masih digunakan sebagai tempat kegiatan ibadah umat Hindu di Bali selatan sampai sekarang dan sangat ramai dikunjungi. Berdasarkan sejarah yang ada, Pura Sakenan didirikan oleh Mpu Kuturan atau dikenal dengan sebutan Mpu Rajakretha, Pendeta Hindu dari kerajaan Mataram. Pura Sakenan terdiri atas dua bagian yaitu bangunan pura yang besar dan pura kecil. Pura tersebut dikelilingi oleh tembok penyengker.

Perlu Dolaners ketahui, di sebelah timur Pura Sakenan terdapat Pura Masceti. Perbedaan kedua pura adalah adanya palinggih pada Pura Masceti, sedangkan pada Pura Sakenan terdapat satu Persada Danghyang Dwijendra. Pada bagian luar Pura Sakenan, Dolaners akan menjumpai dua buah pohon besar yang dianggap keramat oleh masyarakat Bali di depan halaman pura. Mereka percaya bahwa pohon tersebut menjadi tempat para roh-roh penjaga pura. Bangunan Pura Sakenan terbuat dari batu kapur dan karang merah. Tentu menjadi sangat unik bukan pura peninggalan kerajaan Mataram ini. Pura Sakenan bisanya sangat ramai dikunjungi masyarakat Bali pada saat hari raya Kuningan. Masyarakat Bali akan melakukan upacara adat di pura tersebut. Hari Raya Kuningan adalah hari yang diyakini masyarat Hindu di Bali sebagai hari kemBalinya roh-roh leluhur ke langit setelah berada di bumi.

Saat berkunjung ke Pulau Serangan, Dolaners tak hanya dapat mengunjungi Pura Sakenan sebagai obyek wisata bersejarah. Namun ada obyek menarik lainnya di pulau tersebut yaitu sebuah pantai. Pantai ini kerap dijadikan obyek wisata selancar dan menyelam oleh para wisatawan. Tak sekedar menawarkan wisata sejarahnya saja. Pada malam hari biasanya akan ada aktivitas masyarakat yang memancing di pantai mangrove di sebelah Pura Sakenan Bali. Yang pasti, dapat mengalihkan pikiran Dolaners dari kepenatan aktifitas sehari-hari.


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke Pura Sakenan ini sangat mudah, yakni bisa dicapai dari jalan By Pass Ngurah Rai. Jika dari arah Kuta, 10 meter setelah Makro, bisa belok ke kanan dan masuk ke areal pulau Serangan.
Untuk dapat sampai ke Pura Sakenan ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan taxi dan ojek atau bahkan menyewa angkutan umum.