Denpasar

Pura Ulun Swi

Pura Ulun Swi dipuja agar sawah tetap menjadi sahabat bagi para petani dan juga masyarakat sekitar.

Pura Ulun Swi

Photo by wikimapia.org

Siapa yang belum pernah datang ke Bali? Pasti suatu hal yang sangat rugi bagi Dolaners yang tak sempat atau belum kesampaian pergi ke Bali dan kini saatnya membahas tentang pura di Bali yang mungkin bagi sebagian Dolaners belum paham. Mengkaji Pura Ulun Swi Bali merupakan ide cemerlang agar pengetahuan Dolaners semakin bertambah.

Bali adalah pulau Dewata yang sangat indah, bahkan karena keelokan pulaunya, Bali digadang gadang mejadi salah satu penyumbang kepariwisataan di Indonesia. Namun ada hal yang disayangkan, para turis mancanegara ada yang menganggap Bali adalah Bali, buka sebagai bagian dari Indonesia. Walaupun begitu, Bali tetaplah bagian dari surganya Indonesia yang seluk beluknya sangatlah beragam dan sangat menarik untuk dicermati lagi. Nilai agamis yang ada di Bali juga sangatlah kental. Agama yang paling banyak dianut adalah agama Hindu. Maka dari itu tak heran kalau di Bali banyak sekali pura yang sangat unik dengan karakteristik masing masing daerah di Bali. Tentunya hal ini sangatlah menarik untuk disimak lebih lanjut.

Pura yang tentunya sangat indah dan juga sejarahnya unik adalah Pura Ulun Swi Bali yang tentu patut untuk disimak keunikannya. Pura Ulun Swi adalah pura yang dikhususkan untuk sembahyang dalam rangka menjaga sawah dan juga ladang agar selalu terberkati oleh dewa. Maka dari itu, sudah selayaknya Pura Ulun Swi menjadi salah satu hal yang tak terpisahkan dari masyarakat Bali. Pura Ulun Swi adalah jiwanya sawah. Menurut catatan sejarah yang dibuktikan dengan lontar, menyatakan bahwa Pura Ulun Swi digunakan agar sawah ladang tetap subur dan memberikan hasil yang baik bagi para masyarakat. Pura Ulun Swi adalah salah satu hal yang patut dijadikan studi Dolaners yang mau menambah wawasan lain tentang Bali. Bali tak melulu urusan wisata alam, tapi juga ada nilai edukasi sejarah yang patut untuk didalami.


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Pura Ulun Swi ini cukup baik dan lancar, yakni jarak dari Kota Denpasar sekitar 12 km, mengikuti jurusan jalan raya dari Denpasar menuju Uluwatu, dan pura terletak di sebelah barat jalan raya menghadap ke timur. Lokasinya sangat strategis tepat berhadapan dengan pasar Jimbaran, berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Desa Jimbaran dengan tempat lainnya seperti Ulu Watu.
Untuk dapat sampai ke Pura Ulun Swi ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkan transportasi umum, maka bisa menggunakan taxi, ojek atau bahkan bus trans sarbagita yang merupakan transportasi umum andalan di Bali.