Rawa Pening

Ketika Dolaners akan memasuki kawasan ini akan disambut dengan ucapan “Selamat Datang di Bukit Cinta Rawa Pening”. Memang benar, obyek wisata tersebut tak hanya berupa sebuah rawa akan tetapi juga sebuah bukit cantik yang sangat pas untuk Dolaners berekreasi bernama bukit Cinta.

Rawa Pening

Photo by rixxono.wordpress.com

Rawa Pening adalah salah satu obyek wisata menarik yang patut Anda kunjungi bersama keluarga. Tempat wisata ini berada di kota Semarang. Rawa Pening saat ini menjadi salah satu obyek wisata yang banyak digemari oleh wisatawan domestik khususnya warga Semarang yang sudah tak asing lagi dengan lokasi wisata tersebut.

Danau Rawa Pening juga memiliki sebuah legenda yang sangat dikenal masyarakat. Kisah Baru Klinting yang dulunya menghuni bukit tersebut sebelum adanya rawa di sana. Konon katanya Rawa Pening terbentuk karena kemarahan si Baru Klinting pada warga sekitar. Itu mengenai kisah Rawa Pening Semarang. Terlepas dari semua itu, rawa tersebut saat ini menjadi obyek wisata keluarga pilihan yang pas dan terbilang relatif murah di Semarang. Saat masuk ke kawasan wisata itu, Dolaners akan melihat sebuah loket tiket yang unik yaitu berupa patung mulut naga di sisi kiri sebagai tempat pembelian tiket dan ekor naga di sisi kanan. Kedua patung tersebut sebagai simbol legenda asal muasal Rawa Pening dan si Baru Klinting yang memang wujudnya naga. Konon dulu si naga ini bertapa melingkar di bukit tersebut.

Di bukit tersebut Dolaners dapat berpiknik bersama keluar menggelar tikar di atas hamparan rerumputan hijau. Selain itu untuk anak-anak bisa bermain pada wahana ayunan, jungkat-jungkit dan mainan putar. Selain itu, Dolaners bisa menikmati indahnya Danau Rawa Pening yang terhampar di depan mata. Bagi Dolaners yang ingin mengelilingi indahnya rawa tak perlu khawatir, ada perahu yang bisa Dolaners sewa. Di sekitar rawa dolaner akan menjumpai banyak enceng gondok. Tanaman ini banyak dibudidayakan masyarakat sekitar untuk dibuat kerajinan.

Tak hanya itu, bila Dolaners berada di tengah rawa kala pagi atau petang, suasananya akan sangat menawan hati. Sebab keelokan mentari turut mewarnai Danau Rawa Pening di Semarang ini. Di wisata Rawa Pening Dolaners juga dapat menikmati kuliner khas rawa yaitu gurami dan nila. Terdapat banyak rumah makan terapun di lokasi wisata tersebut. dari tempat tersebut Dolaners juga dapat menikmati indahnya rawa dari kejauhan. Maka Dolaners jangan lewatkan obyek wisata satu ini, segera kunjungi bersama keluarga.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk bisa sampai ke Danau Rawa Pening ini akses jalannya cukup mudah karena lokasinya memang berada di pinggir jalan, yakni bisa Dolaners akses melalui Ambarawa ataupun Salatiga. Jika dari Ambarawa Dolaners bisa menuju jalan ke arah Banyubiru atau bisa juga ambil arah pertigaan di depan Monumen Palaga Ambarawa, Dolaners tinggal ikuti jalan lurusnya dan akan samapi di Kampong Rawa Pening. Jika melalui jalur Salatiga tak jauh beda yakni ambil jalan menuju Ambarawa atau Banyubiru maka Dolaners akan menemukan Kampong Wisata ini.
Dolaners bisa menggunakan transportasi umum maupun pribadi baik roda 2 maupun roda 4 untuk sampai ke Danau Rawa Pening ini. Jika Dolaners menggunakan kendaraan umum, Dolaners bisa naik kendaraan jurusan Jogjakarta. Ada yang langsung melewati pasar ambarawa, ada juga yang melewati jalan lingkar baru ambarawa. Pilihlah yang melewati jalur lingkar. Jika tidak ada, Dolaners bisa turun di terminal Bawen dan lanjut naik angkutan ke Wisata Kampong Rawa Pening.