Sumber Taman

Disambut oleh rindangnya rimbunan pepohonan dan jernihnya Sumber Taman seolah membuatmu tak sabar untuk menceburkan diri dan hanyut kedalam segarnya kolam tosca yang ada di depan mata.

Sumber Mata Air Taman Gondanglegi

Photo by taurus-vocation.blogspot.co.id

Sumber Air Taman atau yang biasa di sebut dengan Wisata Sumber Taman merupakan sebuah destinasi wisata baru yang ada di kota Malang. Terletak di anatar dua desa yakni Desa Karangsuko dan Desa Brongkal, keduanya masih dalam satu wilayah kabupaten Malang. Akses jalan yang harus Dolaners lalui untuk bisa sampai ke Sumber Mata Air Taman ini tidak terlalu sulit. Jika berangkat dari Kota Malang, maka hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi. Jika dari Kota Kepanjen berjarak sekitar 5 km ke arah timur atau jika dari Gondanglegi dapat ditempuh sekitar 15 menit menuju arah barat. Ketika pertama kali datang ke Pemandian Sumber Taman ini Dolaners akan disambut dengan keindahan dan keasrian rerimbunan pepohonan yang konon berusia ratusan tahun.

Banyaknya pepohonan yang ada di sekitar area pemandian membuat suasana terasa sejuk dan menyenangkan karena terhindar dari teriknya matahari. Sumber mata airnya berasal dari dua batang pohon besar yang mengalirkan air yang melimpah. Jernihnya air membuat Dolaners bisa melihat dasar pemandian dengan sangat jelas. Area pemandian Sumber Taman sendiri cukup luas dengan kedalaman sekitar 1 – 1,5 meter dan luas sekitar 30 meterpersegi. Selain sebagai tempat wisata, Sumber Mata Air Taman juga sering dijadikan tempat perkemahan maupun outbound. Saat akhir pekan apalagi liburan panjang, pemandian Sumber Taman ini ramai dikunjungi wisatawan yang menghabiskan waktu bersama keluarga. Pada hari-hari tersebut jumlah pengunjung yang datang ke Sumber Taman bisa meningkat drastis.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan yang harus Dolaners lalui untuk bisa sampai ke Sumber Taman ini tidak terlalu sulit. Jika berangkat dari Kota Malang, maka hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan kendaraan pribadi. Jika dari Kota Kepanjen berjarak sekitar 5 km ke arah timur atau jika dari Gondanglegi dapat ditempuh sekitar 15 menit menuju arah barat. Letaknya yang berada di dua desa menyebabkan di Sumber Taman memiliki dua pintu masuk. Namun, umumnya Dolaners lebih sering lewat pintu masuk Karangsuko. Hal ini karena kondisi jalannya yang cukup lebih lebar dan dapat dilalui mobil. Perlu diketahui bahwa akses jalan masuk ke Sumber Taman itu masih berupa tanah dan makadam sehingga Dolaners, terutama yang mengendarai motor diharapkan untuk lebih berhati hati dan selalu waspada.
Perlu diketahui bahwa hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke Sumber Taman Malang ini. Sehingga jika Dolaners ingin berlibur ke wisata alam yang satu ini, Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi. Sumber Taman dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.