Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda

Hijaunya pepohonan hijau yang tersebar serta beraneka spot wisata yang menarik adalah magnet bagi taman hutan raya Ir. H. Djuanda. Sejuknya suasana yang ditawarkan menjadi alasan utama untuk mengunjungi kembali taman hutan raya ini.

Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda

Photo by indonesia.travel

Di tengah memnansnya udara kota Bandung akibat merebaknya industri di Bandung, bandung masih menyimpan ruang hijau yang sangat luas. Tempat tersebut tak lain adalah Taman Hutan Raya (tahura) Ir. H. Djuanda. Tak tanggung-tanggung, luas daerah taman hutan raya ini mencapai 526,98 hektar. Saking luasnya pihak pengelola sampai menyediakan 4 pintu masuk sehingga Dolaners tak perlu memutar untuk memasuki tahura ini. Taman Hutan Raya IR. H Djuanda merupakan pilihan alternatif bagi Dolaners yang ingin merasakan sensasi jelajah hutan tanp menghadapi kemungkinan kemungkinan ekstrim saat menjelajah hutan sebenarnya. Menggabungkan konsep hutan dan juga tempat rekreasi menjadikan tahura menjadi tempat yang pas untuk berwisata dan mendekatkan diri dengan alam.

Taman Hutan Raya IR. H Djuanda memiliki udara yang sangat sejuk dan segar. Sehingga cocok bagi Dolaners yang ingin bebas dari polusi. Tak hanya itu, sebaran pohon pinus di taman hutan raya ini menjadikannya sebagai tempat yang sangat cocok untuk bersantai.

Selain sebagai tempat pelestarian pohon, Taman Hutan Raya IR. H Djuanda yang berada di kawasan dago ini juga menyimpan berbagai spot-spot menarik seperti area bermain, goa jepang, goa belanda, panggung terbuka, kolam PLTA Bangkok, monumen Ir. H. Djuanda, patahan lembang, jogging track, museum mini taman hutan raya, batu prasasti kerajaan thailand dan juga air terjun atau curug (curug dago pakar, curug lalay, dan curug omas maribaya).

Karena cakupan wisata yang begitu luas dan komplit, Taman Hutan Raya IR. H Djuanda sering dijadikan tempat rekreasi favorit keluarga. Meski di Taman Hutan Raya IR. H Djuanda ini terdapat goa peninggalan masa penjajahan (goa Jepang dan goa Belanda), namun keberadaan goa ini tak memberikan kesan mistis sama sekali. Ketika memasuki wilayah goa Belanda, Dolaners justru akan menyaksikan kemegahan goa yang masih terawat dan mempertahankan keasliaannya sejak dulu ini.

Taman Hutan Raya IR. H Djuanda ini memberikan sensasi kesegaran yang mampu merefresh kembali pikiran anda dari kepenatan rutinitas.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan yang harus Dolaners tempuh untuk sampai ke Taman Hutan Raya IR. H Djuanda ini yakni dari Terminal Dago Bandung jaraknya kurang 2 Km dengan kondisi jalan yang sangat baik dan dapat ditempuh oleh kendaraan bermotor ataupun mobil dan Bus. Dari Cimbuleuit – Punclut jaraknya kurang lebih 6 Km dengan kondisi jalan masih tanah dapat dilalui menggunakan motor ataupun mobil trail Dari Lembang – Maribaya berjarak sekitar 4 Km dengan kondisi jalan sangat baik dapat dilalui menggunakan kendaraan roda dua, empat maupun lebih.
Tidak ada kendaraan umum melewat tepat di depan Taman Hutan Raya IR. H Djuanda ini, apabila Dolaners menggunakan kendaraan umum, dari terminal Dago Atas bisa menggunakan angkot jurusan Dago – Caringin dan turun di Jl. Dago Pakar Barat, dari sini dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek, jarak yang ditempuh sekitar 1,5 Km dengan kondisi jalan cukup menanjak. Selain menggunakan angkutan umum, Dolaners bisa memanfaatkan jasa Taxi.