Taman Laut Nasional Bunaken

Taman Laut Nasional Bunaken merupakan obyek wisata bawah air yang paling popular di Indonesia karena keindahan pemandangan dan keanekaragama hayati baik flora maupun faunanya. Pulau Bunaken yang terkenal dengan taman laut nasional ini berlokasi di Sulawesi bagian utara tepatnya di Teluk Manado.

Taman Laut Nasional Bunaken

Photo by ragamtempatwisata.com

Panorama alam bawah laut dengan luas tidak kurang dari 8,08 km2 ini akan membuat para Dolaners terpukau oleh kemolekannya. Karena di Taman Laut Nasional Bunaken ini terdapat terumbu karang sekitar 13 jenis yang menjurus ke permukaan tanah hingga 25 sampai 50 m. Dolaners akan serasa berenang di kolam renang raksasa lengkap dengan terumbu karang, ikan berlenggok dengan 91 spesies dan aneka molusca laut lainnya. Untuk bisa menikmati panorama alam bawah laut yang luar biasa ini Dolaners harus melakukan diving lalu bergerak seirama dengan ombak yang berdesir.

Adapun ikan yang bisa Dolaners temukan di Taman Laut Nasional Bunaken antara lain: nila gasi, koi putih, gusimi local, lolosi ekor kuning, goropa dan masih banyak lagi. Adapun molusca unik yang bisa Dolaners temuka di Bunaken antara lain: kima raksasa, ikan kepala kambing, askidian atau tunikates. Untuk pra traveler yang gemar melakukan scuba diving spot paling baik adalah berlokasi di seputar 20 titik yang umumnya dipakai untuk area diving.

Aktifitas yang bisa Dolaners lakukan untuk menikmati keindaha Bunaken adalah menyelam atau snorkeling. Dolaners bisa memilih satu dari 23 tempat penyelaman yang Dolaners inginkan. Dolaners juga tidak perlu repot karena harus membawa perawalatan menyelam karena disekitar obyek wisata Bunaken telah disediakan tempat penyewaan perlengkapan menyelam yang harganya sungguh sangat terjangkau.

Keindahan Taman Laut Nasional Bunaken memang tidak ada duanya di Dunia ini bahkan obyek wisata ini telah terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO. Tidak heram memang karena pesona spesies terumbu karang yang melekuk denga begitu indah, terowongan karang dengan warna-warni yang memukau, aneka spesies ikan yang rapi berbaris dan masih banyak lagi. Ketika pulang Dolaners jangan lupa membawa oleh-oleh kuliner khas Bunaken Manado seperti: Klapertaart, Kacang Goyang, Kue Lampu-Lampu, Dodol Manado, Kue Balapis Manado, Halua Kenari dan Cakalag Fufu.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Ada beberapa alternatif cara untuk menuju ke Taman Laut Nasional Bunaken dari kota Manado, yaitu melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken memakan waktu kurang lebih 30 menit, dari NDC ke lokasi penyelaman Pulau Bunaken membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit, sedangkan dari Marina Blue Banter ke Pulau Bunaken Dolaners bisa menggunakan kapal pesiar dan menempuh perjalanan selama sekitar 10-15 menit.
Untuk dapat sampai ke Taman Laut Nasional Bunaken ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih untuk menuju ke Pelabuhan Manado. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kapal laut untuk bisa sampai ke Taman Laut Bunaken.