Taman Mini Maerokoco

Dikenal juga dengan nama Puri Maerokoco, yang menjadi salah satu tempat wisata di Jalan Yos Sudarso Semarang yang letaknya kuarng lebih 5 Km dari Tugu Muda. Menjadi bagian dari kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah, Taman Mini Maerokoco menampilkan rumah - rumah adat lengkap dengan fasilitas rekreasi air seperti perahu dan sepeda air.

Puri Maerokoco

Photo by semarangplus.com

Taman Mini Maerokoco merupakan salah satu obyek wisata Semarang yang berada di kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah. Akses menuju ke lokasi wisata Taman Mini Maerokoco ini terbilang mudah. Pintu masuk Taman Mini Maerokoco berada tepat di sebelah kanan PRPP di Jl. Yos Sudarso, Kompleks Tawang Mas, Semarang Barat. Jadi jika Dolaners berkendara dari pusat kota Semarang – Simpang Lima- menuju Tugu Muda kemudian lurus saja, tak berapa lama anda kan bertemu lampu merah serta plang bertuliskan PRPP di kanan jalan, berbeloklah dan ikuti jalan tersebut, Dolaners akan dipandu penunjuk jalan dengan jelas hingga sampa di Taman Mini Maerokoco. Taman Mini Maerokoco sendiri disebut sebut merupakan Pusat Rekreasi Taman Budaya Jawa Tengah ini ibarat taman mini yang dimiliki provinsi Jawa Tengah. Dikenal juga dengan nama Puri  Maerokoco yang diambil dari salah satu bagian dari cerita Mahabarata yang bercerita soal keinginan salah seorang dewi yang ingin memiliki seribu bangunan dalam waktu satu malam.

Disebut demikian karena di dalamnya terdapat 35 anjungan yang menjadi cerminan dari 35 Kabupaten dan Kota Madya yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Adapun di dalam anjungan dapat disaksikan pameran-pameran kerajinan tangan, foto objek wisata, pakaian tradisional serta makanan dan minuman khas daerah setempat. Tak hanya berisi 35 anjungan itu saja, di Taman Mini Maerokoco ini juga terdapat miniatur peninggalan sejarah dan obyek wisata yang populer di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur, Benteng Pendhem, Masjid Menara Kudus, Masjid Agung Demak dan lain-lain. Selain itu, Taman Mini Maerokoco Semarang juga dilengkapi dengan beragam wahana rekreasi menarik lainnya seperti becak air, perahu unik yang atapnya berbentuk daun yang memang telah disediakan untuk semakin menjadikan liburan Dolaners berwarna. Salah satu wahana yang wajib Dolaners coba adalah flying fox.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke lokasi wisata Taman Mini Maerokoco ini terbilang mudah. Pintu masuk Taman Mini Maerokoco berada tepat di sebelah kanan PRPP di Jl. Yos Sudarso, Kompleks Tawang Mas, Semarang Barat. Jadi jika Dolaners berkendara dari pusat kota Semarang – Simpang Lima- menuju Tugu Muda kemudian lurus saja, tak berapa lama anda kan bertemu lampu merah serta plang bertuliskan PRPP di kanan jalan, berbeloklah dan ikuti jalan tersebut, Dolaners akan dipandu penunjuk jalan dengan jelas hingga sampa di Taman Mini Maerokoco.
Jika Dolaners ingin berkunjung ke Taman Mini Maerokoco ini, bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum. Baik roda 2 maupun roda 4. Untuk Dolaners yang menggunakan transportasi umum, Dolaners bisa naik taxi, ojek, atau bus dari Terminal Terboyo yang akan berhenti di Puri Maerokoco.