Taman Narmada

Menikmati segarnya air gunung rinjani tanpa harus mendaki tak lagi mustahil dengan mengunjungi Taman Narmada. Suasananya yang hijau nan bersih tak pelak membuat Dolaners ketagihan mengunjungi taman buatan berkonsep modern ini.

Taman Narmada

Photo by loveindonesia.com

Salah satu tempat berlibur yang menarik adalah Taman Narmada. Ditengah eksotisnya keindahan laut pulau Nusa Tenggara, taman Narmada yang merupakan taman buatan berdiri dan ditata dengan apiknya. Taman Narmada adalah sebuah taman yang didirikan oleh raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang asem pada tahun 1727 di kecamatan Narmada. Meskipun telah berusia ratusan tahun, taman Narmada telah ditata dengan konsep modern dan didukung oleh panorama sekitar taman yang sangat indah. Kebersihan dan keasrian taman buatan ini juga masih sangat terjaga hingga saat ini.

Jika diamati secara mendatail, Taman Narmada memiliki bentuk yang hampir sama dengan gunung rinjani, lengkap dengan 3 kolam sebagai simbol segara anak yang ada di gunung rinjani. Di bagian antas taman Narmada juga terdapat sebuah tempat peribatan bernama pura kalasan.

Konon katanya, raja yang berusia tua dan tak mampu lagi mendaki gunung rinjani melakukan upacara pakelan disini. Karena itu pula taman narada saat ini juga berfungsi sebagai tempat upacara pakelan atau ritual pengorbanan selain sebagi tempat wisata. Menariknya, untuk menuju pura Kalasa Dolaners harus meniti puluhan anak tangga dengan pepohonan rindang di kiri dan kanan, sehingga benar benar terasa seperti naik gunung.

Setelah sampai di bagian atas Taman Narmada, rasa lelah Dolaners akan dibayar dengan pemandangan hijau serta suasana yang adem. Tak pelak pesona pemandian alami di atas taman narada akan menggoda Dolaners untuk mandi dan berendam di airnya yang jernih.

Hal lainnya yang menjadi daya tarik Taman Narmada di Lombok adalah keberadaan berbagai wahana permainan seperti flying fox yang dibuat melintas diatas air kolam yang sangat jernih. Perlu Dolaners ketahui bahwa air yang ada di kolam ini sumbernya berasal dari gunung Rinjani. Percaya atau tidak, air kolam ini dipercaya mampu membuat awet muda karenanya banyak wisatawan yang meminum dan mengambil air kolam ini untuk mencuci muka.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Taman Narmada ini cukup mudah ditempuh karena letaknya yang strategis di pusat kota. Yakni hanya sekitar 20 menit dari Kota Mataram. Dolaners hanya perlu mengikuti rute jalan dari terminal Mandalika menuju ke kawasana Narmada, tepatnya jl. Ahmad Yani. Selama perjalanan menuju taman ini marka jalan atau petunjuk arah cukup jelas di mana petunjuk menuju Taman Narmada hampir ada di setiap pinggir jalan menuju ke taman ini.
Jika Dolaners ingin berkunjung ke Taman Narmada ini, bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum. Baik roda 2 maupun roda 4. Untuk Dolaners yang menggunakan transportasi umum, Dolaners bisa naik taxi, ojek, atau angkutan umum dari Terminal Mandalika.