Taman Nasional Bantimurung

Merupakan salah satu Taman Nasional yang menjadi primadona wisata alam Sulawesi Selatan dengan keunikan tersendiri adanya ribuan kupu-kupu yang menghuni Kerajaan Kupu-Kupu.

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Photo by wikimedia.org

Bantimurung merupakan sebuah taman nasional yang terletak di kabupaten Maros, berjarak sekitar 42 km dari kota Makassar, Sulawesi Selatan. Taman Nasional Bantimurung ini sebenarnya memiliki nama lengkap Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Akses untuk menuju ke tempat wisata ini juga cukup mudah, dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin, bisa naik bus Damri hingga tiba di jalan raya luar bandara yang jaraknya sekitar 3 km. Dari situ dilanjutkan dengan angkutan umum yang biasa disebut pete-pete menuju Pasar Sentral Maros, kemudian dilanjutkan menuju Bantimurung. Taman Nasional Bantimurung menyimpan ragam wisata seperti air terjun dan beberapa goa. Namun yang paling terkenal adalah objek wisata Kupu kupunya. Ya, di kawasan Taman Nasional Bantimurung ini memang menjadi habibat bagi hewan cantik tersebut. Keanekaragaman jenis dan populasi kupu-kupu yang melimpah menjadi satu di kawasan hingga, hingga terdapat lebih kurang 250 spesies kupu kupu.

Hal ini tak heran jika Taman Nasional Bantimurung disebut sebagai Kerajaan Kupu kupu. Setiap Dolaners yang datang kesini pasti akan disambut oleh rimbunan kupu-kupu berwarna-warni yang beterbangan. Selain sebagai tempat konserfasi, Taman Nasional Bantimurung juga sangat pas untuk dijadikan pilihan bagi Dolaners yang hoby fotografi karena disini banyak spot menarik. Bahkan tak jarang tempat ini dijadikan lokasi pemotretan foto pre wedding. Jadi berada di Kerjaan Kupu-Kupu ini jangan lupa untuk hunting foto dengan kamera kesayangan Dolaners. Puas berkeliling di Kerajaan Kupu-Kupu, Dolaners bisa mengunjungi beberapa gua yang ada di sekitar kawasan ini, seperti Gua Batu dan Gua Mimpi.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke Kerajaan Kupu-kupu yang berada di Taman Nasional Bantimurung ini cukup mudah, yakni jika menggunakan kendaraan umum, maka dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin, bisa naik bus Damri hingga tiba di jalan raya luar bandara yang jaraknya sekitar 3 km. Dari situ dilanjutkan dengan angkutan umum yang biasa disebut pete-pete menuju Pasar Sentral Maros, kemudian dilanjutkan menuju Bantimurung.
Untuk dapat sampai ke Kerajaan Kupu-kupu yang berada di Taman Nasional Bantimurung ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan taxi, ojek atau angkutan umum yang menuju ke Taman Nasional Bantimurung.