Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta menawarkan berbagai model edukasi yang menggabungkan antara konsep pendidikan dengan permainan dengan menggunakan media yang menarik. Sehingga akan memberikan rangsangan bagi anak untuk mencari tahu dan memancing daya kreasi anak terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Taman Pintar Yogyakarta

Photo by jogjakota.go.id

Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu wisata edukasi dan rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan di Kota Yogyakarta. Bila Dolaners berkunjung ke kota ini maka sempatkanlah untuk mengunjungi Taman Pintar. Tempat wisata ini memiliki wahana untuk belajar rekreasi yang lengkap bagi anak-anak, baik usia pra sekolah sampai usia sekolah menengah atas untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Maskot dari Taman Pintar Yogyakarta adalah Burung hantu berblangkon, yang mana mengambil maskot burung hantu dikarenakan sifat burung hantu yang memiliki kepekaan yang sangat tinggi untuk merasa dan mempelajari apa yang ada di sekitarnya. Sedangkan blangkon sebagai simbol adat Yogyakarta penutup kepala laki-laki.

Taman Pintar Yogyakarta memiliki berbagai materi pengetahuan berdasarkan jenjang usia dan penerapan materi yaitu usia pra sekolah, TK, dan sekolah dasar hingga menengah. Di dalam Taman Pintar Dolaners akan menjumpai beberapa anjungan seperti pengenalan, pengenalan ilmu dasar, permainan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Saat berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta, Dolaners akan mendapatkan berbagai ilmu sehubungan dengan iptek secara menarik. Materi pembelajaran yang Dolaners dapatkan di sekolah telah teraplikasikan semua secara apik dalam bentuk alat peraga sehingga akan memudahkan pemahaman dan memunculkan kreativitas baru untuk mengembangkan kemampuan problem solving secara mandiri.

Berkunjung ke Taman Pintar adalah salah satu pilihan tepat untuk berwisata edukasi. Banyak manfaat yang Dolaners dapatkan saat memasuki kawasan ini. Karena Taman Pintar Yogyakarta adalah wilayah terpadu dengan berbagai wahana belajar dalam satu lokasi dan telah menjadi ikon wisata edukasi di Yogyakarta. Tempat wisata ini ada di pusat kota Yogyakarta, dekat dengan kawasan jalan Malioboro. Jika ingin berekreasi sambil belajar, maka mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta adalah pilihan benar.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju Taman Pintar Yogyakarta tidak terlalu sulit karena letaknya persis di pinggir utara Jalan Panembahan Senopati No. 3. Di samping itu, taman ini juga relatif dekat dari Bandara Adi Sucipto (sekitar 8 km), dari Terminal Giwangan (sekitar 6 km), dari Stasiun Lempuyangan (sekitar 3 km), dan dari Stasiun Tugu (sekitar 2 km).
Untuk berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta dapat dicapai dengan sangat mudah karena letaknya yang strategis di pinggir jalan pusat kota Yogyakarta.

  • Bila Dolaners dari Bandara Adisucipto bisa menggunakan bus Trans Jogja trayek 3B atau 3A menyusuri jalan Malioboro, setelah sekitar 30 menit kemudian sampailah Dolaners di depan Taman Pintar Yogyakarta.
  • Sedangkan bagi Dolaners yang berangkat dari Terminal Giwangan dapat menggunakan bus kota jalur 4 atau 10 yang melewati Jalan Malioboro yang selanjutnya Dolaners diturunkan di depan Benteng Vredeburg . Dari benteng tersebut wisatawan dapat berjalan ke arah timur menuju Taman Pintar Yogyakarta yang terletak tak jauh dari benteng tersebut.
  • Bagi wisatawan yang berangkat dari Stasiun Tugudapat menggunakan becak atau andong yang akan mengantarkan Dolaners ke Taman Pintar Yogyakarta.
  • Wisatawan yang berangkat dari Stasiun Lempuyangan bisa menggunakan taksi untuk mengantarkan Dolaners sampai ke Taman Pintar Yogyakarta.