Ukir Cerita Cinta Dengan Sang Kekasih di Pulau Komodo

Berlibur memang menjadi salah satu kegiatan yang tepat bagi Dolaners yang sedang menghilangkan stres kepenatan hidup. Mulai dari sibuknya jam kerja setiap hari, deadline yang harus diselesaikan dalam pekerjaan, hingga kisah cinta yang tak sesuai degan harapan. Tak perlu jauh jauh berlibur ke masncanegara, kenapa demikian? Karena di negara Indonesia tercinta semua potensi wisata telah ada. Bahkan ada sebuah tempat dimana Dolaners dijamin akan langsung jatuh cinta begitu melihat keindahannya. Eitsss, bukan Pulau Bali atau Pulau Lombok loh ya. Tempat yang satu ini bahkan telah diakui keindahannya oleh mancanegara. Kepada dia yang telah pergi sebelum memulai, tunjukkan bahwa kamu juga bisa bahagia bersama yang baru dengan mengukir cerita cinta di Pulau Komodo. Penasaran dimana tempatnya? Ini dia surga dunia yang termasyur itu.

Perkenalkan New Seven Wonders of Nature yang berhasil mengalahkan ribuan wisata alam terbaik lainnya di dunia, Pulau Komodo.

Pulau Komodo Flores Pulau Komodo Flores - Dolan Dolen

Pulau Komodo Flores via discoverykomodoadventure.com

Pulau Komodo merupakan sebuah pulau vulkanik yang berlokasi di Kepulauan Nusa Tenggara. Berada di wilayah sebelah timur Indonesia, secara administratif Pulau Komodo masuk dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo ini berada di ujung paling barat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berbatasana dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sesuai dengan namanya, yang membuat unik adalah pulau ini menjadi tempat habitat hewan komodo. Terdapat sekitar 5.700 ekor komodo yang hidup disini. Komodo sendiri merupakan binatang reptil sejenis kadal raksasa pemakan daging yang panjangnya bisa mencapai 2 – 3 meter dengan berat 100 – 165 kg. Hebatnya lagi hewan komodo hanya bisa Dolaners temukan di Taman Nasionala Komodo, tidak ada di tempat lain manapun di belahan dunia ini. Selain komodo, pulau dengan luas 390 km² ini juga berpenghuni loh! Penduduk yang tinggal di kawasan Tamana Nasional Komodo ini berjumlah 4.512 jiwa dan sebagian besar bersuku Ata Modo yakni suku asli penghuni Pulau Komodo. Semenjak di nobatkan sebagai salah satu dari 7 situs warisan dunia, Pulau Komodo semakin harum namanya di mancanegara. Hal ini lah membuat pemerintah pusat semakin gencar menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Inodesia.

 

Aku tahu kamu pasti udah gak sabar buat mengukir cerita di Pulau Komodo, tapi jangan tergesa gesa, kita harus buat perencanaan yang matang sebelum berangkat.

Pelabuhan Labuan Bajo Pelabuhan Labuan Bajo - Dolan Dolen

Pelabuhan Labuan Bajo via travelinghematnusantara.wordpress.com

Liburan adalah kegiatan wajib bagi setiap orang. Namun yang perlu Dolaners tahu, sebelum memutuskan untuk berangkat berlibur kemanapun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Yakni seperti rincian biaya, akses perjalanan, kondisi cuaca dan estimasi waktu. Begitu juga jika Dolaners ingin berlibur ke Pulau Komodo. Ya… minimal harus tahu lah bagaimana akses untuk bisa sampai ke pulau menakjubkan tersebut. Berikut adalah jawabannya :

  • Untuk kalian yang berangkat dari wilayah barat, maka Bali adalah start pertama untuk memulai perjalanan ini.

Jika dari udara, Dolaners bisa terbang dari Bandara Ngurah Rai Denpasar menuju ke Bandara di Labuan Bajo. Sesampainya di sana, Dolaners bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal ferry untuk samapi di Pulau Komodo. Dari laut, Dolaners bisa berangkat dari Tanjung Benoa Bali menuju ke Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo perjalanan menuju ke Pulau Komodo dapat ditempauh menggunakan kapal ferry.

Untuk pilihan yang terakhir yakni dari jalur darat, Dolaners bisa naik bus dari terminal di Denpasar menuju ke terminal di Labuan Bajo. Bus akan menyebrang menggunakan kapal ferry. Sampai di Labuan Bajo, perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik kapal ferry dengan tujuan Pulau Komodo.

  • Sedangkan untuk kamu yang berangkat dari wilayah timur, maka ini dia rutenya.

Untuk menuju ke Pulau Komodo, Dolaners bisa berangkat dari Flores melewati jalur darat dengan melewati kawasan Maumere ke arah barat seperti, Moni, Kelimutu, Ende, Bena, Bajawa, Ruteng, dan terakhir Labuan Bajo. Nah dari sini Dolaners juga harus menggunakan kapal ferry untuk menuju ke tujuan yakni Pulau Komodo.

 

Hamparan pulau eksotik yang sudah menunggu kamu dari kejauhan siap menyambut di depan mata.

Hamparan Eksotik Pulau Komodo Hamparan Eksotik Pulau Komodo - Dolan Dolen

Hamparan Eksotik Pulau Komodo via dreamparadiso.com

Sebuh pulau cantik siap menyapa Dolaners dari kejauhan. Menginjakkan kaki di Pulau Komodo ini sekaan membuat Dolaners berada di planet lain. Bagaimana tidak keindahan panorama beserta atmosfir yang dihadirkan sangat berbeda. Sebuah pengalaman yang mengesankan dan tak terlupakan siap menunggu Dolaners. Selain komodo, pulau eksotik yang satu ini juga menjadi habitat favorite satwa lain seperti kuda, rusa, berbagai spesies burung, ular, biawak dan masih banyak lagi. Salah satu cara agar Dolaners bisa menikmati keindahan pulau ini secara menyeluruh adalah dengan melakukan trekking. Saat trekking, Dolaners akan diajak mendaki Gunung Ara yang memiliki ketinggian 538 meter di atas permukaan laut. Dolaners juga akan melewati Water Hole yang merupakan tempat minum dan beristirahat komodo. Dari atas sini, Dolaners dapat melihat komodo yang sedang minum dan berteduh di bawah pohon, menyerang mangsanya, berkelahi, atau sedang berjalan perlahan sepanjang jalan. Pilihan jalur trekking yang bisa Dolaners lalui pun beragam mulai dari 1 hingga 8 km. Tenang saja, selama perjalanan, Dolaners akan ditemani seorang ranger atau pemandu sekaligus pawang komodo. Ranger akan membekali Dolaners dengan tongkat yang ujungnya bercabang dua. Dikatakan bahwa tongkat tersebut dibuat dari satu jenis pohon yang bisa menjadi senjata untuk melemahkan komodo. Jika komodo menyerang atau mengejar tiba-tiba, ujung tongkat yang bercabang digunakan untuk menekan leher komodo, dalam waktu singkat komodo akan melemah dan berhenti menyerang.

 

Tahukah kamu bahwa Pulau Komodo juga termasuk dalam salah satu spot menyelam terbaik di dunia?

Pulau Komodo Underwater Pulau Komodo Underwater - Dolan Dolen

Pulau Komodo Underwater via sdlexpeditions.com

Pulau Komodo tak hanya menghadirkan keindahalan alam daratannya saja. Tak banyak yang tahu bahwa alam bawah laut di pulau ini juga tak kalah menakjubkan. Alam bawah laut Pulau Komodo yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo ini bahkan disebut sebut sebagai salah satu spot menyelap terbaik yang ada di dunia. Saat melakukan kegiatan snorkeling maupun diving di kawasan Pulau Komodo, Dolaners akan disuguhi pemandangan bawah air yang luar biasa kaya dan beragam. Terdapat sekitar 386 jenis terumbu karang yang hidup disini, yang meliputi 70 jenis bunga karang dan rumput laut yang menjadi tempat bersembunyi ribuan jenis ikan hias, penyu hijau, paus, lumba lumba dan juga ikan pari. Spot menyelam di Pulau Komodo ini terbagi menjadi 3 yakni :

  • Spot Batu Samsia, dimana merupakan titik menyelam terfavorite. Disini Dolaners bisa menyusuri keindahan laut sekaligus berinteraksi dengan kura kura, hiu, dan beraneka macam ikan kecil lainnya.
  • Spot Toko Toko atau yang lebih dikenal dengan istana batu dalam air. Spot yang satu ini berada di kedalama 7 meter di bawah permukaan laut. Di sini Dolaners bisa menikmati keindahan terumbu karang dengan berbagai warna dan ikan-ikan yang berenang di antara karang.
  • Spot Crystal Rock yang terakhir, juga tak kalah favorite. Dengan kedalaman 5 meter, Di spot ini Dolaners bisa menemukan ragam spesies laut seperti katak ikan, Barramundi Cod, Parrotfish dan beberapa jenis ikan lainnya.

 

Jangan lupa sisihkan waktu untuk menikmati keindahan yang dihadirkan oleh si cantik Pink Beach!

Pantai Tangsi Pink Beach Pantai Tangsi Pink Beach - Dolan Dolen

Pantai Tangsi Pink Beach via catperku.info

Keindahan tak berhenti sampai di situ saja. Di Pulau Komodo yang eksotik ini terdapat sebuah pantai yang menarik hati bernama Pink Beach. Pantai yang juga dikenal dengan Pantai Merah Muda ini juga disebut Pantai Merah oleh masyarakat sekitar. Seperti namanya, salah satu keunikan yang dihadirkan pantai ini adalah pasir pantainya yang berearna merah muda atau pink. Warna cantik tersebut akan semakin terlihat jelas, ketika pasir tersapu ombak. Menurut penelitian, warna merah muda di pantai ini disebabkan oleh serpihan koral yang hancur dan bercampur dengan pasir pantai. Di dunia tercatat hanya terdapat tujuh pantai dengan pasir berwarna merah muda. Dan Pink Beach di Pulau Komodo ini salah satunya. Keindahan Pantai Merah Muda tak hanya warna pasirnya yang langkah dan unik tetapi alam biota bawah lautnya juga telah termasyur keindahannya. Pink Beach juga cocok dijadikan spot diving ataupun snorkeling.

 

Selagi berada di sebuah pulau cantik nan eksotik, tak ada salahnya jika kamu bergaya di depan camera yang kemudian diabadikan menjadi karya seni bernilai tinggi.

Hamparan perbukitan hijau dengan birunya laut dan juga cerahnya langit menjadi background sempurna untuk latar foto Dolaners. Berada di sebuah pulau yang menjadi salah satu dari 7 warisan terbaik dunia menjadikan siapa saja pasti ingin mengabadikan setiap detik moment. Maka dari itu jangan biarkan Dolaners jauh dari bidikan kamera., karena setiap moment disaat liburan tentu saja sangat berharga dan tak akan terulang dua kali. Banyak spot indah yang bisa Dolaners temukan ketika sedang berada di Pulau Komodo ini. Pamorama alam yang mendukung, seakan menjadikan berfoto di bagian mana saja hasilnya juga pasti akan bagus. Jangan lupa usai berfoto, segera upload hasilnya di akun instagram Dolaners. Dijamin bakal membuat iri semua orang yang melihat.

 

Ini dia alasan kenapa kamu tak perlu bingung mencari tempat bermalam ketika berlibur di Pulau Komodo.

Pulau Komodo Resort Pulau Komodo Resort - Dolan Dolen

Pulau Komodo Resort via gunturgozali.wordpress.com

Akomodari memang menjadi salah satu hal yang wajib difikirkan ketika sedang berlibur. Apalagi ketika berlibur ke suatu tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya. Begitu juga ketika sedang berlibur ke Pulau Komodo. Namun tenang, Dolaners tak perlu panik untuk mencari tempat bermalam. Karena kini telah banyak penginapan yang berdiri di kawasan Labuan Bajo. Tak hanya itu terdapat pula alternatif penginapan lainnya seperti menginap di kapal sewaan, karena kini telah banyak kapal yang dilengkapi dengan tempat tidur, toilet dan paket makan. Biaya sewa dan fasilitas tergantung pada besarnya kapal yang Dolaners sewa. Dan yang paling praktis adalah menginap di rumah penjaga atau ranger yang ada di Pulau Komodo. Kebanyakan rumah disini berbentuk panggung dengan persediaan listrik terbatas yang akan dipadamkan ketika pukul 10 malam waktu setempat.

Gimana puas banget kan jalan jalan di Pulau Komodonya? Buat kamu yang baru ingin liburan kesini, ada beberapa tips nih yang wajib diketahui.

  • Ketika menjelajah pulau ini jangan pergi sendirian. Dolaners wajib pergi bersama pemandu wisata atau petugas taman.
  • Jangan sekali lai mengganggu atau memberi makan komodo. Meskipun gerakannya lambat dan malas, hewan ini dapat tiba-tiba menjadi agresif dan bergerak dengan cepat.
  • Ketika melakukan trekking, bawalah tongkat yang bercabang dua (akan disediakan oleh pemandu wisata). Komodo biasanya takut jika digertak dengan tongkat.
  • Dalam menjelajah Pulau Komodo sangat disarankan memakai sepatu. Hal ini karena pulau ini memiliki 12 jenis ular dan 3 diantaranya beracun, contohnya ular hijau yang hidup di pohon, kobra, dan russel’s viper yang hidup di lubang tanah padang rumput savanna.
  • Wanita yang sedang menstruasi harus melapor pada pemandu atau petugas pulau agar lebih diperhatikan, karena komodo memiliki indra penciuman yang tajam dan dapat menjadi agresif jika mencium bau darah
  • Jangan lupa membawalah obat nyamuk atau gunakan lotion anti nyamuk.
  • Karena kebanyakan tempat di Pulau Komodo adalah padang rumput savanna yang mudah terbakar pada saat musim kemarau, jadi dilarang merokok dan menyalakan api selama berada disini.

 

GALERI FOTO PULAU KOMODO

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.