Banyuwangi

Daerah paling ujung timur di Pulau Jawa, dijuluki The Sunrise of Java karena paling awal terkena sinar matahari di pagi hari.

Tren pariwisata yang sedang naik daun, Banyuwangi saat ini telah dijadikan destinasi wisata idaman untuk Dolaners lokal dan mancanegara. Lokasinya yang berbatasan dekat dengan Pulau Bali, daerah ini sering disinggihi oleh para pengguna yang akan menyeberang dengan armada kapal laut.

Geografi

Berada di posisi 7º 45’ – 8º 43’ Lintang Selatan dan 113º 38’ Bujur Timur membuat daerah Banyuwangi terbentang dari dataran rendah hingga pegunungan. Menjadikan wilayah Banyuwangi menyediakan beragam destinasi wisata favorit terutama di Dataran Tinggi Ijen dengan 3.344 meter dipegang oleh Gunung Raung sebagai puncak tertinggi.

Penduduk

Khas masyarakat Banyuwangi yaitu Osing termasuk Suku dan Bahasanya. Selain Suku Osing sebagai mayoritas, terdapat juga Suku Madura dan Suku Jawa dengan populasi cukup tinggi. Sementara populasi cukup rendah yaitu Suku Bugis dan Suku Bali. Sebagai daerah perlintasan Jawa-Bali menjadikan Banyuwangi merupakan daerah pertemuan ragam kebudayaan.

Iklim

Mengalami hanya dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau, Banyuwangi rata-rata tiap harinya bersuhu 23 sampai 32 derajat Celcius dengan kecepatan angin bisa sampai 20 kilometer tiap jam. Awal musim kemarau di Banyuwangi terjadi antara bulan Juni dan Juli. Berada dekat dengan Selat Bali membuat pesisir pantainya terkadang mengalami ombak tinggi.

Topografi

Perpaduan antara dataran rendah dan dataran tinggi menjadikan Banyuwangi terdiri dari wilayah pantai hingga pegunungan. Wilayah pantai timur yang berdekatan dengan Selat Bali membuat Banyuwangi merupakan penghasil tangkapan ikan terbesar di Jawa Timur. Dilalui oleh jalur pegunungan aktif dunia, Gunung Raung dan Gunung Ijen termasuk kedalamnya. Terdapat juga Gunung Merapi dengan ketinggian 2.799 meter.

Demografi

Mayoritas penduduk di Banyuwangi memeluk agama Islam diikuti oleh Hindu, Protestan dan lainnya. Sesuai dengan suku penduduk yang tinggal, bahasa yang biasa digunakan yaitu Indonesia, Jawa, Osing, Bali dan Madura.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link