Jember

Namanya yang mendunia berkat Jember Fashion Carnaval, daerah pesisir bagian selatan Jawa Timur ini dijuluki Kota Karnaval.

Jika waktu liburan Dolaners isi dengan mengunjungi Jawa Timur, sempatkan untuk mampir ke Jember. Selain acara rutin tahunannya yang menarik dan terkenal, deretan pantai yang cantik siap memanjakan mata siapa saja yang memandangnya. Beragam suku masyarakatnya juga akan menunjukkan pada kita betapa kayanya Indonesia.

Geografi

Berada pada ketinggian 0 meter hingga 3.300 diatas permukaan laut, daerah Jember memiliki ikilim tropis dengan sebagian wilayahnya cukup sejuk. Dengan luas wilayah hingga tiga juta kilometer persegi, Jember memiliki titik paling luar yang terpisah dengan daratan Jawa yaitu Pulau Barong.  Terdapat juga Taman Nasional Meru Betiri yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuwangi, sementara di bagian timur terdapat Sungai Mayang dengan sumber dari Pegunungn Raung. Sebelah barat terdapat Sungai Bondoyudo yang merupakan sumber dari Pegunungan Semeru.

Penduduk

Berbatasan langsung dengan daerah Banyuwangi, Suku Osing menempati kategori masyarakat yang minoritas. Sementara mayoritas penduduk Jember merupakan Suku Madura dan Suku Jawa. Beberapa juga terdapat Suku Tionghoa di pusat kota. Bahasa dan budaya Jawa-Madura sangat kental di Jember sehingga telah terbentuk kebudayaan baru hasil dari keduanya dan dinamakan Budaya Pendalungan. Menurut Badan Pusat Statistik tahun 2013, masyarakat Jember berjumlah sampai 2,5 juta penduduk.

Iklim

Suhu di Jember rata-rata berkisar antara 18 sampai 30 derajat Celcius dengan iklim tropis. Curah hujan yang terjadi cukup rendah yaitu 50 sampai 100 milimeter. Mengalami dua musim tiap tahunnya, musim kemarau dan musim hujan.

Topografi

Bagian timur dari Jember adalah komplek Dataran Tinggi Ijen, sedangkan bagian barat laut merupakan Pegunungan Iyang dengan Gunung Argopuro sebagai puncak. Deretan pantai banyak menghiasi tempat wisata di Jember diantaranya Pantai Payangan di wilayah Ambulu, Pantai Watu Ulo , Pantai Tanjung Papuma, Pantai Puger, Pantai Paseban dan Pantai Bandealit. Adanya dataran tinggi juga menimbulkan kenampakan air terjun yaitu Air Terjun SUmberjambe, Air Terjun Gunungrayap, Air Terjun Tancak dan Air Terjun Antrokan.

Demografi

Kepadatan rata-rata di Jember yakni 787,47 jiwa tiap kilometer persegi dengan jumlah penduduk 2.597.97 jiwa pada tahun 2013 dan memiliki luas wilayah 3.293 kilometer persegi.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link