Surabaya

Kota yang kerap dijuluki Kota Pahlawan ini merupakan kota terbesar sekaligus ibukota dari provinsi yang terletak di bagian paling timur pulau Jawa, yakni Jawa Timur.

Dolaners pasti sudah sangt akrab dengan kota Surabaya. Kota yang menjadi ibukota provinsi Jawa Timur ini merupakan kota kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta. Tidaklah mengherankan bagi dolaners bila akhirnya kota ini banyak sekali menyimpan potensi wisata yang harus dolaners kunjungi dan ketahui satru persatu.

Geografi

Surabaya secara geografis memiliki posisi pada 07˚09`00“ – 07˚21`00“ Lintang Selatan dan 112˚36`- 112˚54` Bujur Timur. Luas wilayah Surabaya meliputi daratan dengan luas 350,54 km² dan juga memiliki lautan seluas 190,39 km².

Penduduk

Mayoritas penduduk kota Surabaya adalah Suku Jawa. Tetapi, jika dibandingkan dengan suku Jawa yang ada di daerah lain, maka penduduk kota Surabaya tergolong agak temperamen dan egaliter. Hal ini disebabkan karena jauhnya posisi kota Surabaya dari keraton yang merupakan pusat peradaban suku Jawa. Sebagian besar penduduk Surabaya menganut Agama Islam. Selain itu, juga banyak yang menganut Agama Khatolik, Protestan, Konghucu, dan ada juga para imigran yang menganut Agama Yahudi.

Iklim

Kota Surabaya memiliki iklim tropis seperti kota besar yang ada di Indonesia pada umumnya dimana hanya ada dua musim dalam setahun, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Curah hujan di Kota Surabaya rata-rata 165,3 mm. Curah hujan tertinggi di atas 200 mm terjadi pada kurun Januari hingga Maret dan November hingga Desember. Suhu udara rata-rata di Kota Surabaya berkisar antara 23,6 °C hingga 33,8 °C.

Topografi

Kota Surabaya terletak di tepi pantai utara provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Selat Madura di sebelah utara dan timur, Kabupaten Sidoarjo di sebelah selatan, serta juga Kabupaten Gresik di sebelah barat. Sebagian besar wilayah Kota Surabaya merupakan dataran rendah yaitu 80,72% yang berada pada ketinggian antara -0,5 – 5m SHVP atau 3 – 8 m di atas permukaan laut, sedangkan sisanya merupakan daerah perbukitan yang terletak di wilayah Surabaya Barat (12,77%) dan Surabaya Selatan (6,52%). Di wilayah Surabaya Selatan terdapat 2 buah bukit landai yaitu di daerah Lidah dan Gayungan yang ketinggiannya antara 25 – 50 m di atas permukaan laut dan di wilayah Surabaya Barat banyak memiliki kontur tanah perbukitan yang bergelombang.

Demografi

Pada tahun 2014, penduduk Kota Surabaya mencapai 3,5 juta penduduk. Dengan demikan, Kota Surabaya memiliki kepadatan penduduk sekitar 10.000/ km².

Directory

Find More  

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link