Kalimantan Timur

Kalimantan Timur, provinsi dengan hutan hujan tropis alami, kaya dengan budaya klasik sejak zaman kerajaan beradabad-abad silam.

Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Kalimantan dengan ibukota Samarinda. Kalimantan Timur berbatasan langsung di sebelah utaranya dengan negara tentanga, Malaysia. Luas total wilayah Kalimantan Timur adalah 129.066,64 kilometer persegi, dengan populasi penduduk sekitar 3,6 juta jiwa. Bila dibandingkan antara luas wilayah dan jumlah penduduk, maka didapatlah angka kepadatan populasi yang cukup rendah, bahkan terendah keempat se-Indonesia.

Sejarah

Kalimantan Timur sejak dahulu memiliki peradaban kerajaan yang makmur. Sebut saja Kerjaan Kutai Hindu, Kesultanan Pasir, atau Kesultanan Kutai Kertanegara. Bahkan pada tahun 1600-an, kawasan yang sekarang dikenal sebagai Kalimantan Timur ini sempat menjadi perebutan antara Kesultanan Makassar Gowa Tallo dengan Kesultanan Banjar. Dimasa inipun, kegiatan perniagaan di kawasan ini telah maju pesat. Kemudian, pada tahun 1800-an Kesultanan Banjar menyerahkan penguasaan atas sebagian besar wilayah di Pulau Kalimantan, termasuk kawasan Kalimantan Timur kini, pada Belanda. Pada masa pemerintahan Belanda ini, nama Borneo lebih populer alih-alih Kalimantan, hingga Kalimantan Timur mendapat asal-muasal namanya dari Borneo Timur. Sudah beribukota di Samarinda pada masa itu, pemerintahan Belanda di Borneo Timur diwakili oleh seorang Asisten Residen.

Wilayah

Setelah menjadi bagian dari wilayah Indonesia, Kalimantan Timur menjadi provinsi dengan gubernur pertamanya adalah APT Pranoto. Hingga saat ini, ada dua kotamadya di Kalimantan Timur, yakni Samarinda yang juga menjadi ibukota propinsi dan Balikpapan. Kini, Kalimantan Timur juga terbagi kedalam kabupaten, yaitu Kabupaten Kutai yang beribukota di Tenggarong, Kabupaten Paser dengan ibukota Tanah Grogot, Kabupaten Berau beribukota di Tanjung Redeb, Kabupaten Kutai Barat dengan ibukota Sendawar, Kabupaten Kutai Timur beribukota di Sangatta, Kabupaten Mahakam Ulu dengan ibukota Ujoh Bilang dan masih ada pula Kabupaten Penajam Paser Utara. Sementara itu, Kota Bontang kini menjadi kotamadya setelah sebelumnya berstatus sebagai kota administratif.

Budaya

Kota-kota di Kalimantan Timur ini dihuni oleh orang-orang dari suku Jawa, Bugis, Banjar, Dayak, Kutai, Toraja, Paser, Sunda, Madura, dan Buton. Orang-orang dari beragam suku ini sebagian besar berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Banjar. Bahasa Jawa dan Bahasa Bugis digunakan juga meskipun dalam skala yang lebih kecil.

Kekayaan Alam

Alam Kalimatan Timur sejak dulu sebenarnya adalah kawasan hutan hujan tropis, tetapi luas hutan sudah sangat menyusut saat ini karena penebangan liar. Bahkan penebangan liar ini merambah sampai ke Taman Nasional Kutai di Kabupaten Kutai Timur. Kalau membahas tentang kekayaan floranya, Kalimantan Timur terkenal dengan anggrek hitamnya, yang harganya bisa mencapai kisaran Rp 100.000,- hingga Rp 500.000.- untuk satu kuntum bunga saja.

Pariwisata

Desitnasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kalimantan Timur antara lain Kepulauan Derawan di Berau, Pantai Batu Lamampu di Nunukan, Taman Nasional Kayan Mentarang di Nunukan, peternakan rusa di Penajam, peternakan buaya di Balikpapan, Kampung Dayak Pampang di Samarinda, Pulau Kumala di Tenggarong, Pantai Amal di Kota Tarakan, dan lain-lain. Bila infrastruktur jalan aspal kurang tersedia, destinasi-destinasi ini bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat atau perahu.

Places in Kalimantan Timur

Find More  

Directory

Find More  

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link