Bontang, kota pesisir di Kalimantan Timur, menawarkan beragam wisata tanpa batas dengan geliat perekonomiannya yang tak berjeda.

Kota di Provinsi Kalimantan Timur ini terkenal akan kekayaan sektor industri dan jasanya. Bahkan Dolaners sekalipun mungkin mengenal Kota Bontang dengan industri pupuk, gas alam, atau batubara. Atau barangkali Dolaners lebih mengenal tim sepakbolanya? Baiklah, yuk cari tahu lebih banyak tentang kota ini.

Geografi

Kota Bontang berjarak sekitar 120 kilometer dari Kota Samarinda, ibukota Kalimantan Timur. Di sisi utara dan baratnya, kota ini berbatasan dengan Kabupaten Kutai Timur. Di sisi selatan Kota Bontang ada Kabupaten Kutai Kertanegara, sedangkan di sisi timurnya ada Selat Makassar. Posisi Kota Bontang juga diapit oleh dua reservasi wilayah, yaitu Taman Nasional Kutai di utara dan hutan lindung di selatan. Oleh karenanya, pengembangan kota tidak bisa dilakukan dengan leluasa karena harus mempertimbangkan kedua fungsi kawasan reservasi alam tersebut. Kota pesisir ini berada di 0.137° lintang utara dan 117.5° bujur timur. Dalam koordinat ini, luas Kota Bontang sebenarnya adalah 497.57 kilometer persegi, mencakup tiga kecamatan dan 15 desa atau kelurahan. Luas wilayah ini terbagi menjadi 14.780 Ha (29,71%) daratan dan 34.977 Ha lautan.

Penduduk

Kota Bontang dihuni oleh lebih dari 167.328 jiwa, mayoritas (88,78%) beragama Islam, disusul kemudian oleh pemeluk agama Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Iklim

Kota Bontang beriklim tropis dengan suhu rata-rata 26.7 °C. Bulan terhangat adalah bulan Mei, dengan rata-rata suhu 27.2 °C, sementara bulan terdingin selama setahun adalah bulan Juli. Curah hujan kota ini cukup tinggi, rata-rata 1910 mm per tahun, sampai-sampai Dolaners bisa mendapati hujan saat bulan terkering sekalipun. Bulan terkering di kawasan pesisir ini adalah bulan Juli, dengan curah hujan 89 mm. Menurut Köppen dan Geiger, kota ini termasuk dalam klasifikasi Af.

Topografi

Berada di kawasan pesisir, Kota Bontang memiliki topografi yang relatif datar dan landai. Meskipun demikian, terdapat tanah datar, landai, bergelombang, dan berbukit di Kota Bontang. Letak kota ini berada diantara 0–120 meter diatas permukaan laut (mdpl), dengan kemiringan lereng yang bervariasi. Kemiringan lahan datar antara 0% – 2% mempunyai luasan 7.211 ha (48,79%), lahan bergelombang antara 3% – 15% seluas 4.001 ha (27,07%), dan luas lahan dengan kemiringan curam antara 16% – 40% adalah 3.568 ha (24,14%).

Demografi

Demografi berubah seiring dengan perkembangan industri minya, gas, dan pupuk Kota Bontang. Meskipun orang-orang telah berniaga sejak zaman dahulu, pertumbuhan ketiga industri tersebut menambah populasi penduduk di kota pesisir ini. Potensi pekerjaan ini mengakibatkan laju pertambahan penduduk di Kota Bontang melesat 2,72% diatas angka Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2000. Tingkat migrasi pada tahun ini mencapai 4,02/1000 penduduk. Tahun 2016 saja, Kecamatan Bontang Selatan mendapat tambahan 2.046 pendatang, Kecamatan Bontang Utara sebanyak 2.921 pendatang, dan Kecamatan Bontang Barat bertambah 1.216 pendatang.

Itulah fakta-fakta singkat tentang Kota Bontang. Mengetahui data-data sederhana seperti ini akan meningkatkan kenyamanan Dolaners berwisata.

Directory

Find More  

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link