Venice van Java adalah julukan bagi Semarang karena daerah ini banyak dilalui oleh sungai bagaikan di Venice Italia sehingga dijuluki dengan sebutan tersebut. julukan lain yang terkenal adalah kota lupia karena makanan khas lumpianya dan kota atlas karena suasana yang aman, lancar tertib, asri dan sehat. Para Dolaners perlu mengenal Budaya Semarang ini supaya tak ketinggalan.

Tradisi

Satu hal yang unik dari budaya Semarang adalah tatanan tradisi yang dipadukan dari satu tradisi oleh dua unsur etnis yaitu Jawa dan Tionghoa. Budaya asli Jawa terkesan sangat cantik terlihat dari unsur spesial Jawa Oriental dengan begitu kentalnya, salah satu dari contohnya adalah gambang Semarang yang merupakan tarian Semarangan yang bukan hanya memberikan penampilan keindahan seni tarinya akan tetapi juga laga lawakan pada setiap penampilannya. Alat musik yang digunakan dalam tarian tersebut yaitu kendangan, kempul, bonang, suling, gambang, kecrek, sukong, balungan dan konghayan. Gambaran dari suasana dalam ceritanya adalah 4 penari yang berkumpul dan berbincang kemudian tarian ini juga memilki gerakan penuh dengan semangat dan ekspresinya yang berlebih. Goyangan pada daerah pinggul menjadi khas yang dimiliki oleh tarian ini dengan pengibaratan goyangan pinggul itu seperti gelombang laut. Nah, laut itulah yang mendeskripsikan pantai yang berjejer dan menghiasi kota ini.

Adat Istiadat

Adat istiadat dari tradisi kental Semarang adalah perayaan dugderan, percampuran dari semua budaya yang ada di Semarang dapat dilihat dari perayaan ini. Padan budayanya dapat dilihat dari warak endog yang merupakan boneka berupa binatang raksasa yang secara mitologisnya digambarkan sebagai sebuah symbol dari akulturasi budaya disana. Bagian tubuhnya terdiri atas kepala naga oleh Tiongkok, kaki kambing oleh Jawa dan badan buraq oleh Arab. Ungkapan “wara I” berarti suci dan endog atau telur bermakna sebagai symbol ganjaran yang diterima para manusia setelah melakukan prosesi suci. Jadi, warak endog dapat diartikan siapa saja yang mensucikan bulan ramadhan dan menjaganya maka akan mendapatkan pahala dan meraih kemenangannya diakhir bulan ramadhan yaitu hari lebaran.

Pariwisata

Tujan wisata ang dapat dikunjungi dikota Semarang seperti:

  1. Wisata religi : Klenteng Sampoo KONG, Masjid Agung dan Candi Tugu
  2. Wisata sejarah : Museun Jateng, Museum MURI dan Lawang Sewu
  3. Wisata alam : Pulau Maron, Pulau Marina, Pulau Tirang dan Pulau Tirangcawang

Kehangatan budaya Semarang pasti akan para Dolaners rindukan sebagai daerah yang memiliki khas tradisi serta adatnya yang tidak kalah dengan pariwisata menariknya. Siap-siaplah berkunjung kesana ya.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link