Berbicara mengenai budaya, Makassar adalah salah satu wilayah di Indonesia yang hingga saat ini tetap mempertahankan kebudayaan yang mereka miliki. Salah satu contoh bangunan budaya yang hingga saat ini bisa dinikmati adalah bangunan Tongkonan. Bangunan tradisional masyarakat Makassar ini merupakan karya arsitektur nenek moyang yang hingga saat ini bentuknya tetap dipertahankan demikian demi menjaga nilai-nilai budaya leluhur yang telah diwariskan.

Tongkonan merupakan rumah adat Tana Toraja. Satu hal lain yang tentu juga menarik untuk diulas ketika Dolaners berkunjung ke Makassar adalah mengenai sistem budaya perkawinan masyarakat di sana. Hal ini karena terdapat adat yang berbeda-beda jika Dolaners memperhatikan mereka. Masyarakat Makassar percaya bahwa manusia yang belum menyatukan bahu dan kepalanya, belum bisa disebut manusia. Maksudnya adalah bahwa lelaki diibaratkan sebagai kepala sedangkan perempuan diibaratkan sebagai bahu. Oleh karena itu, ketika kedua pasangan tersebut menikah, maka mereka bisa disebut sebagai manusia seutuhnya. Anak yang belum menikah tak memiliki hak berbicara dalam acara-acara tertentu yang diadakan oleh masyarakat sekitar.

Masih mengenai budaya, ada beberapa objek budaya yang tentu sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai tempat wisata budaya di daerah Makassar. Objek tersebut adalah Fort Roterdam dan Benteng Panynyua (Penyu). Fort Roterdam merupakan benteng peninggalan kesultanan Gowa yang terdapat di Sulawesi Selatan. Hingga saat ini, Fort Roterdam menjadi benteng dengan bangunan yang tetap megah dan menawan siapapun yang mengunjunginya. Bahkan keaslian dari bangunan benteng Fort Roterdam masih dijaga hingga saat ini.

Adapun peninggalan budaya lain di Makassar yang bisa dinikmati sebagai tempat wisata adalah Benteng Penyu. Jika dilihat dari atas, bentuk dari benteng ini menyerupai penyu sehingga disebut sebagai benteng penyu. Tinggi dinding dari benteng adalah 5 meter dengan tebal 2 meter. Kokohnya benteng ini pun tidak akan kalah memukau dari tempat wisata budaya lainnya. Beberapa peninggalan budaya tersebut tentu akan sangat cocok dijadikan sebagai tempat menghilangkan kejenuhan sekaligus menikmati indahnya kekuatan para pendahulu. Dengan begitu, Dolaners bisa berkunjung ke Makassar dan menikmati indahnya budaya serta tempat wisata yang tersedia.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link