Negara Indonesia memang patut berbangga hati dengan semua kebudayaan khas dan unik dari seluruh nusantara yang tidak dimiliki bangsa lain, semisal Suku Minahasa Kota Manado. Keunikan tersebut mampu menjunjung tinggi martabat bangsa, adapun kebudayaan Kota Manado tersebut antara lain:

Kegiatan Mapalus

Kegiatan Mapalus merupakan system tradisional orang Minahasa kota Manado berbentuk gotong royong dengan prosedur kerjasama secara bergiliran oleh tiap-tiap anggota untuk kepentingan bersama. Kegiatan mapalus ini timbul berdasarkan kesadaran bersama akan adanya keterbatasan kemampuan baik dalam hal berkarya, berfikir dll.

Seni Musik Kolintang

Kesenian music Kolintang yang disajikan dalam bentuk orkes bukan hanya sebagai seni tradisional berupa music, akan tetapi di Kota Manado sebagai hiburan yang diajarkan sedini mungkin mulai dari anak sekolah. Musik Kolintang asli Kota Manado ini dibuat dari kayu belar yang sering juga disebut wunut, kemudian seiring perkembangan jaman Kolintang dibuat dari kayu Cempaka dan Telor.

Upacara Toki Pintu

Upacara adat untuk perkawinan Suku Minahasa ini mayoritas dianut oleh penduduk yang memeluk agama Kristen Protestan dengan mengganti prosesi pesta saat malam pernikahan dengan makan malam dan acara kebaktian. Toki Pintu sendiri berisi antar harta, Putus Suara atau Buka, adat pelaminan, prosesi upacara adat dirangkai dalam satu hari pelaksanaan.

Tari Cakalele/ Kabasaran

Tari Kabasaran merupakan tarian yang meniru perilaku yang dilakukan para leluhur dalam melawan musuh yang diperagakan dalam bentuk tarian. Tari Cakalele adalah sebuah kesenian orang Minahasa yang secara tradisional sering dimainkan masyarakat Manado pada acara-acara tertentu semisal: pagelaran seni budaya dan menyambut tamu.

Pemanjatan Rasa Syukur

Menurut tradisi masyarakat Minahasa kota Manado, memanjatkan rasa syukur atas nikmat yang telah di berikan oleh Yang Maha Kuasa merupakan sebuah tradisi yang dilakukan sesudah panen yang dihubungkan dengan prosesi keagamaan untuk bersyukur kepada Tuhan setelah menikmati hasil panen.

Keunikan nusantara tersebut harus senantiasa kita dan Dolaners lestarikan jangan sampai luntur, agar setiap perbedaan dan keanekaragaman di negeri ini mampu menyatukan kita dalam satu warna yang unik. Semangat berbudaya.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link