Medan adalah ibukota provinsi Sumatera Utara yang tentu sangat terkenal di Indonesia karena merupakan kota terbesar ketiga se-Indonesia. Kota yang satu ini menjadi kota metropolitan yang tentu sangat padat penduduk. Kota yang satu ini merupakan salah satu daerah yang bisa dijadikan contoh sempurna untuk kota multi etnis karena banyak sekali suku yang terdapat di Medan. Berbicara mengenai Medan, tentu hal yang tak boleh luput dari kota ini adalah mengenai kekentalan budaya yang terdapat di dalamnya. Di kota tersebut, Dolaners bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata yang tentu berpotensi sebagai tempat wisata budaya yang harus terus dilestarikan. Contoh tempat wisata budaya yakni istana maimun, tugu guru patimpus, gereja lama, vihara gunung timur, menara air titanadi, museum bukit barisan, serta graham bunda maria andda velangkanni.

Adapun beberapa hal lain tentang budaya yang terdapat di Medan dan harus diketahui adalah alat musik, kerajinan, rumah adat, dan tarian khas mereka. Alat musik khas Medan adalah sikambang. Selain di Medan, alat musik sikambang pun juga terkenal di berbagai tempat lain di Sumatera. Alat musik yang satu ini selalu digunakan di berbagai acara kesenian sehingga bukan hal yang aneh jika hingga saat ini alat musik sikambang tetap bisa dilestarikan. Sedangkan untuk kerajinan, Medan memiliki kain kerajinan ulos yang bahkan telah menjadi maskot dan terkenal di berbagai wilayah Indonesia bahkan bagi para pelancong mancanegara. Kain kerajinan ulos telah bertahan setidaknya selama 4.000 tahun yang lalu oleh kebudayaan Batak. Ulos telah jauh ada sebelum bangsa Eropa mengerti dan mengenal tekstil.

Untuk rumah adat, Suku Batak di Medan memiliki rumah adat bernama rumah bolon. Rumah adat ini berbentuk panggung dengan bahan utama kayu. Meskipun sudah tidak banyak lagi jumlahnya, namun hingga saat ini ada beberapa wilayah yang masih mempertahankan rumah adat tersebut. Untuk segi lain dari budaya Medan adalah tarian tor-tor. Ini adalah tarian khas Batak yang berasal dari Sumatera Utara.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link