Air Terjun Kali Pancur

738 views

Jalanan menurun tersebut berupa ratusan anak tangga yang akan memberikan sensasi luar biasa dan penuh perjuangan. Di sepanjang perjalanan menyusuri anak tangga tersebut dolaners akan mendengar suara gemericik Air Terjun Kali Pancur yang mengalir dari pegunungan.

Air Terjun Kali Pancur

Photo by hellosemarang.com

Bagi Dolaners pecinta wisata alam yang penuh tantangan, bisa jadikan wisata Air Terjun Kali Pancur menjadi pilihan tepat. Wisata ini ada berada di Kota Semarang. Bagi Dolaners warga Semarang tentu lokasi wisata ini tak asing lagi. Air terjun Kali Pancur ini berada di perbukitan Gunung Timoloyo. Yang lebih menarik adalah saat Dolaners menuju air terjun kali pancur, di sana akan terlihat pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Wisata air terjun ini memiliki daya tarik yang menawan sekali. Tak perlu khawatir, untuk menikmati kawasan air terjun Kali Pancur ini relatif murah. Sebelum datang ke lokasi wisata tersebut Dolaners harus memiliki kondisi yang fit karena akan melakukan perjalanan panjang yang menurun di perbukitan. Namun saat menuruni perbukitan menuju Air Terjun Kali Pancur, Dolaners akan disuguhi pemandangan sawah di sekitar bukit Timoloyo dan Merbabu.

Air terjun Kali Pancur terletak pada tebing yang begitu tinggi hingga 150 meter. Tentu akan nampak indah bukan derasnya air yang menjuntai ke bawah serta percikan air yang begitu keras menerpa bebatuan di sekitarnya. Dolaners akan merasakan sensasi segar terkena percikan air terjun tersebut, apalagi derasnya aliran di bawahnya yang begitu jernih akan membuat Dolaners makin tak kuat menahan untuk berendam. Di sekitaran Air Terjun Kali Pancur, Dolaners akan melihat banyak bebatuan dengan relief yang terbentuk secara alami serta dihiasi tanaman perintis. Uniknya lagi, Dolaners akan menjumpai banyak goa kecil di sekitar air terjun. Goa-goa tersebut adalah rumah si burung mahal, walet. Namun sayangnya, sarang burung walet tersebut banyak diburu oleh orang-orang luar daerah secara sembarangan.

Jadi tunggu apalagi? Bagi Dolaners pecinta alam yang menyukai tantangan tak ada salahnya mencoba mengunjungi wisata Air Terjun Kali Pancur di Kota Semarang. Sesampai di bawah air terjun, rasa lelah Dolaners seusai ratusan anak tangga akan terbayarkan dengan pemandangan sekitar air terjun dan suasana sejuk yang menyelimutinya.


AKTIFITAS

Kuliner
Walaupun di sekitar wisata Air Terjun Kali Pancur Semarang masih tidak ada warung makan yang menjual jajanan, namun Dolaners tidak perlu khawatir karena setelah berjalan beberapa meter dari posko pintu gerbang masuk utama, maka Dolaners akan menemukan warung warung makan yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan instan hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 4.000,-
Kegiatan
Air Terjun Kali Pancur memiliki ketinggian sekitar 100 meter, berada pada punggungan Gunung Telomoyo yang mengarah ke Danau Rawa Pening. Sepanjang punggungan gunung ini selain terdapat air terjun juga memiliki banyak tebing batu andesit dengan ketinggian bervariasi dari 20 meter sampai 100 meter. Di Lokasi ini banyak para pecinta alam melakukan panjat tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat. Selain dihiasi relief bebatuan alam serta sejumlah tumbuh–tumbuhan perintis, tebing air terjun itu juga dipenuhi goa kecil tempat berteduh bagi burung walet. Jadi bagi Dolaners yang berkunjung ke Air TerjunKali Pancur ini, Dolaners tidak akan bosan karena disini tidak hanya menyaksikan derasnya air yang terjatuh dari ketinggian saja.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses ke Air Terjun Kali Pancur ini relatif mudah dengan mengambil arah ke jurusan Kota Magelang lewat Kopeng. Tiga km sebelum Kopeng ada penunjuk arah untuk belok ke kanan menuju air terjun. Dolaners tinggal ikuti jalan tersebut hingga tiba di pintu gerbang lokasi air terjun. Meski jalanan tergolong cukup baik, tetapi rute dari Salatiga menuju Desa Nogosaren lebih banyak didominasi tanjakan.
Untuk menuju ke lokasi obyek wisata Air Terjun Kali Pancur ini tidak ada sarana transportasi umum yang bisa langsung membawa Dolaners ke lokasi air tejun, jadi Dolaners disarankan membawa kendaraan sendiri. Jika terpaksa harus naik kendaraan umum, bisa dapat mengambil jurusan Kopeng Salatiga dan jika telah sampai di Desa Wates Kec. Getasan lantas jalan kaki atau dengan naik ojek sekitar 3 km. Kondisi jalan tergolong baik hanya beberapa ratus meter menjelang lokasi jalan agak sempit dan belum beraspal. Di sepanjang perjalanan pengunjung dapat melihat keindahan alam lereng gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link