Air Terjun Kapas Biru

516 views

Airnya jernih bak kapas menjuntai. Udaranya juga sejuk dan sangat segar. Dengan tinggi lebih dari 20 meter, Air Terjun Kapas Biru Pronojiwo ini siap menyambut setiap dolaners yang datang melangkah kesini. Letaknya yang tersembunyi dan alamnya yang masih asri yang kadang mengundang pelangi tentunya adalah sebentuk lukisan alam yang harus dolaners kunjungi di Air Terjun Kapas Biru Pronojiwo.

Air Terjun Kapas Biru, Pronojiwo, Lumajang - Jawa Timur

Photo via Cahyo Adi Baskoro

Air Terjun Kapas Biru memiliki lokasi di kawasan Kecamatan Pronojiwo yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Lumajang di Provinsi Jawa Timur. Air terjun sudah cukup terkenal bagi wisatawan lokal, khususnya di Kabupaten Lumajang. Dengan demikian, untuk dolaners yang mau datang mengunjungi Air Terjun Kapas Biru ini tidak akan merasa kesulitan untuk menemukan lokasinya karena disini sudah banyak penunjuk jalan yang dibuat dan mengarah ke lokasi wisata ini.

Air terjun setinggi lebih dari 20 meter ini sendiri dinamakan Air Terjun Kapas Biru karena airnya jernih dan sekilas membentuk kapas karena derasnya debit air yang jatuh, serta jika diperhatikan secara seksama, maka dolaners akan melihat warna biru pada lokasi jatuhnya air terjun tersebut. Walaupun harus berjalan sejauh 1 km dari lokasi parkir ke Air Terjun Kapas Biru Pronojiwo, tentunya rasa lelah dolanes akan terbayarkan dengan keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata di Lumajang. Kadang bila dolaners beruntung dan datang saat cuaca cerah ke tempat ini, maka dolaners bisa menemukan pelangi di Air Terjun Kapas Biru dan dolaners bisa melihatnya dari dekat. Pelangi tersebut terjadi karena adanya refleksi cahaya matahari yang dipantulkan oleh gemuruh Kapas Biru Waterfall.

Tidak hanya itu, di lokasi wisata ada sebuah kolam kecil yang posisinya tepat berada di bawah Air Terjun Kapas Biru tersebut. Dolaners tentunya bisa menggunakannya untuk berendam ataupun merasakan percikan dari derasnya air yang mengalir ke bawah. Selain itu, tak jauh dari lokasi Air Terjun Kapas Biru juga terdapat sebuah lokasi arung jeram. Tentunya dolaners bisa menjajal trek arung jeram tersebut untuk membuat kegiatan wisata menjadi lebih lengkap.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Lokasi Air Terjun Kapas Biru ini masih sangat alami, jadi alangkah baiknya bila dolaners tidak mengotorinya dengan sampah. Selain itu, sebaiknya dolaners datang pada saat cuaca cerah agar bisa melihat pelangi dari dekat di lokasi wisata yang satu ini dan tentunya akan membuat pengalaman wisata dolaners lebih menyenangkan.
Jika dolaners datang dari arah Malang, maka untuk menuju lokasi Air Terjun Kapas Biru Lumajang ini dolaners bisa melalui rute Malang – Turen – Dampit – Pronojiwo, dan kemudian cari lokasi kantor polisi Pronojiwo. Tidak jauh dari polsek Pronojiwo ada sebuah jalan tikungan berserta banner di sebelah kanan jalan yang bertuliskan Air Terjun Kapas Biru. Kemudian dolaners akan menemukan jalan cor di bagian sebelah kanan dan ikuti jalan cor tersebut sampai dolaners mentok diujung jalan. Kemudian, setelah dolaners menemukan gerbang Air Terjun Kapas Biru Lumajang, maka dolaners bisa memarkir kendaraan dolaners dan melanjutkan perjalanan dengan trekking melewati area persawahan penduduk sejauh 1 km.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link