Air Terjun Kedung Pedut

1375 views

Desiran air terjun yang jatuh melindas air di bawahnya terdengar sangat merdu dan menantang untuk di lihat. Pemandangan yang elok dan segar seakan menyejukkan kembali isi otak dan mengubahnya menjadi lebih jernih dan murni.

Air Terjun Kedung Pedut

Photo by mandrapahlawa.blogspot.co.id

Kedung Pedut merupakan destinasi wisata air terjun yang terdapat di dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air Terjun Kedung Pedut mempunyai dua warna yang sangat cantik, keduanya berpadu dalam satu tempat, yakni memiliki warna hijau tosca dan putih jernih. Untuk sampai ke Air Terjun Kedung Pedut, Dolaners harus melewati beberapa jalanan yang penuh dengan anak tangga dan jalan setapak. Setelah menempuh perjalanan yag cukup sulit, Dolaners akan di manjakkan ketika telah melihat sendiri keindahan dari air terjun dua warna ini. Warna putih jenrih berasal dari kejernihan air yang mengalir, hal ini menandakan bahwa daerah ini mempunyai kondisi alam yang sangat bagus. Sedangkan untuk warna hijau tosca berasal dari dampak batuan yang terdapat pada dasar sungai. Hal menarik yang terdapat pada Kedung Pedut ini bukan hanya air terjun dengan dua warna saja, tetapi ada juga sebuah kolam alami yang memiliki kedalaman seukuran tinggi dengan dada sampai leher orang dewasa, berbentuk cekung. Dolaners bisa bebas bermain air dan bersantai dengan foto-foto di Kedung Pedut. Pada dinding-dinding tebing terdapat susunan bambu, yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menikmati kolam alami tersebut dari atas.

Nuansanya yang masih sangat asri dan alami akan menyejukkan kembli fikiran Dolaners dari rasa penat. Atraksi menggelegar yang di tunjukkan oleh air terjun yang terdapat di Kedung Pedut Yogyakarta akan sangat menghibur Dolaners. Meleburnya air tejun ke sungai juga akan menjadi salah satu tontonan yang menarik untuk di nikmati sembari bercanda bersama keluarga tercinta. Piknik yang menyenangkan akan Dolaners rasakan apabila singgah di Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo ini. Manjakkan buah hati Dolaners dengan pemandangan alami yang masih hijau dan penuh kesegaran ini. Bagi Dolaners yang tidak membawa bekal makanan, bisa memanfaatkan warung-warung disekitar area.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Wisata Kedung Pedut ini tidak perlu khawatir akan kelaparan, hal ini dikarenakan di kawasan wisata ini sudah terdapat beberapa warung makan yang menyediakan aneka makanan dan minuman untuk mengisi perut Dolaners. Harganya pun terbilang cukup ramah di kantong.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 3.000,-
Biaya Parkir Sepeda Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Kedung Pedut adalah obyek wisata yang menyajikan perpaduan air terjun dan juga kedung (kolam) dengan air berwarna biru kehijauan nan indah. Tidak hanya satu kedung, di kompleks wisata alam ini terdapat beberapa kolam alami dengan kedalaman bervariasi mulai satu hingga empat meter. Dolaners bisa menyaksikan keindahannya dari gardu pandang yang ada di ketinggian. Untuk semakin mempercantik tempat wisata ini, pengelola telah membangun berbagai sarana seperti kursi-kursi, gardu pandang, jembatan, serta pancuran yang semuanya terbuat dari bambu. Dolaners pun bisa berlarian di atas jembatan bambu yang melintang di atas kedung kemudian melompat ke dalam air. Sungguh menyenangkan. Mandi di pancuran dari tujuh sumber mata air pun akan memberikan kesegaran tersendiri. Bagi Dolaners yang memiliki hoby fotografi tempat ini juga sangat pas untuk menyalurkan hoby.
Tips BerwisataAkses Transportasi

Akses menuju ke Wisata Air Terjun Kedung Pedut ini yakni dari Tugu Jogja ambil arah ke Barat – Perempatan Bangjo (Lampu Lalu Lintas) Ringroad Barat Demak Ijo – Jalan Godean – Pasar Godean – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Bangjo Nanggulan – Pasar Kenteng – Tanjakan pegunungan menoreh – mentok pertigaan ambil kanan arah Goa Kiskendo – Pasar Jonggrangan – Goa Kiskendo – Pertigaan setekah Goa Kiskendo ambil kiri – Pertigaan Grojogan Mudal ambil kiri – Air Terjun Kembang Soka – Pertigaan Setelah Gerbang Masuk Air Terjun Kembang Soka ambil kiri – Air Terjun Kedung Pedut.

Perlu Dolaners ketahui dari Lokasi Parkir, masih harus berjalan kaki, menyelusuri jalan setapak menuruni lembah. Jalan setapaknya berupa tanah yang telah diperkeras oleh pokdarwis (kelompok sadar wisata) selaku pihak pengelola air terjun ini. Harap hati-hati saat menuruni lembah apalagi setelah hujan kondisi jalan agak licin.

Untuk sampai ke Air Terjun Kedung Pedut ini Dolaners harus membawa kendaraan sendiri karena tidak ada angkutan umum yang bisa menggantarkan sampai disana. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link