Air Terjun Kembang Soka

847 views

Suka dolan ke air terjun? Apa yang menarik dari air terjun buat Dolaners? Pemandangannya? Selfie di dekat kucuran airnya? Atau tracking seru dalam perjalanannya? Seringkali, keindahan dan keseruan air terjun hanya selesai sampai disitu. Demi alasan keamanan, rencana renang di kolam air terjun seringnya harus diurungkan. Pernah mengalami kekecewaan semacam ini, Dolaners? Tapi hal ini tak berlaku di Air Terjun Kembang Soka. Dolaners bisa berenang dan selfie sepuasnya di sini.

Air Terjun Kembang Soka, Air Terjun Kembang Soka Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by _jasuma @iskandaryoi_

Keelokan Air Terjun Kembang Soka akan langsung mengena di hati saat Dolaners melihat destinasi cantik ini pertama kali. Bagaimana tidak, jarang-jarang lho, ada air terjun dengan pertemuan dua warna seindah ini. Air yang mengalir jernih tampak putih pada lerengnya, dan entah bagaimana air yang terkumpul di kolamnya jadi berwarna biru toska. Tak cuma airnya, bebatuan di sekitar Air Terjun Kembang Soka juga memiliki dua warna. Di sisi kiri tebing, Dolaners bisa melihat bias warna kemerahan pada bebatuanya, sedangkan bebatuan dasar sungai tampak kekuningan. Alhasil, air terjun ini juga sering disebut sebagai Air Terjun Dua Warna.

Daya tarik utama Air Terjun Kembang Soka adalah kolamnya yang cukup luas terbentang, dengan air jernih berwarna biru toska. Akses menuju kolam ini cukup baik, Dolaners cuma perlu meniti jembatan bambu, yang bisa sekaligus difungsikan sebagai papan lompat kolam.

Tak cuma warna airnya yang unik, Dolaners juga akan dibuat terkesima oleh hijaunya alam di sekitar Air Terjun Kembang Soka. Rimbun alam yang hijau seakan menutupi tingkat demi tingkat air terjun, hingga mengalir ke sungainya dan terkumpul di kolam. Dulunya, di dekat sumber mata airnya, terdapat bunga soka yang bentuknya seperti perpaduan bunga hydrangea dan bunga desember. Meskipun sekarang bunga soka sudah tak tampak lagi, air terjun ini masih tetap dikenal dengan nama awalnya, Air Terjun Kembang Soka. Dan pastinya, Kembang Soka adalah salah satu air terjun terindah di Yogyakarta.


AKTIVITAS

Kuliner
Jangan kuatir tentang isi perut. Ada beberapa warung makanan di sekitar Air Terjun Kembang Soka yang siap menyediakan menu-menu pengisi perut. Lumayanlah, sehabis dingin-dingin berenang, Dolaners bisa menghangatkan perut dan mengisi energi lagi.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 6.000,-
Harga Tiket Parkir: Rp 3.000,-
Kegiatan
Eitts, siapa bilang dolan ke air terjun gak bisa berenang, atau bahkan dilarang berenang. Ceritanya akan jauh berbeda kalau Dolaners main ke Air Terjun Kembang Soka. Di destinasi wisata air terjun ini, Dolaners bisa berenang sepuasnya. Oh ya, jangan lupa selfie di beberapa spot instagenik di sekitar air terjun yang super kece ini ya, Dolaners.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Infrastruktur menuju Air Terjun Kembang Soka terbilang sudah cukup baik. Sayangnya, rute menuju destinasi wisata alam di Yogyakarta ini belum dilalui oleh angkutan umum, jadi Dolaners musti siap dengan kendaraan pribadi. Setibanya di kawasan Menoreh, medan akan cukup berliku, jadi persiapkan kendaraan dan kondisi badan seprima mungkin. Lokasi Air Terjun Kembang Soka tak terlalu jauh dari Air Terjun Mudal, bahkan kedua destinasi wisata ini masih berada dalam satu arah.
Dolaners bisa menuju Air Terjun Kembang Soka dengan kendaraan pribadi. Dari Kota Yogyakarta, misalnya dari arah Tugu Jogja, Dolaners langsung saja mengambil arah ke barat, ke Jalan Kyai Mojo. Di perempatan Demak Ijo Ring Road Barat, pilih arah menuju Jalan Godean. Setelah melewati Pasar Godean, Dolaners akan tiba di perempatan Nanggulan, lurus saja ambil arah ke barat menuju Pasar Kenteng. Di wilayah kecamatan Girimulyo, Dolaners akan melewati Pasar Jonggrangan. Dari sini, Dolaners sudah bisa melihat banyak papan penunjuk arah menuju Air Terjun Kembang Soka. Lanjutkan perjalanan, belok kiri di pertigaan Goa Kiskendo. Sebelum tiba di Dusun Gunung Kelir, di mana Air Terjun Kembang Soka berada, Dolaners akan melalui Dusun Banyunganti terlebih dahulu.

 

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link