Air Terjun Lepo Dlingo

1496 views

Sudah tahu seperti apa bebatuan karst di Yogyakarta? Sudah tahu bagaimana penampakan bebatuan karst ini saat berpadu dengan air pegunungan? Trus, apa Dolaners sudah pernah mencicipi segarnya air pegunungan di Yogyakarta? Bila jawaban untuk semua pertanyaan ini adalah belum, maka wajib dolan ke Air Terjun Lepo. Berada di kawasan Dlingo Bantul, air terjun ini bakal bikin Dolaners betah, gak pulang-pulang. Mau tahu sebabnya? Yuk, lanjutin baca, deh.

Air Terjun Lepo Dlingo

Photo by wiratourjogja.co.id

Konon, Air Terjun Lepo di Dlingo ini serupa dengan Erawan Falls di Thailand. Lumayan nih, gak perlu jauh-jauh ke Thailand juga, Dolaners tinggal meluncur saja ke Yogyakarta. Dan tak cuma satu lokasi, Dolaners. Air terjun yang lebih sering disebut grojogan oleh warga sekitarnya ini memiliki 3 air terjun dan 4 kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang. Cukup menggoda, bukan?

Grojogan adalah ungkapan dalam Bahasa Jawa yang lebih kurang berarti air terjun, tapi dalam ukuran mini. Maksudnya, tinggi air terjunnya tak seberapa, tapi aliran airnya cukup deras. Dan memang deskripsi ini sesuai dengan Air Terjun Lepo, jadi tak salah bila warga Dusun Pokoh menyebutnya Grojogan Lepo. Kata Lepo sendiri merupakan akronim dari Ledok Pokoh, yang bermakna lembah di Dusun Pokok, lokasi di mana air terjun ini berada. Tak jarang pula, destinasi wisata ini dikenal sebagai Air Terjun Ledok Pokoh.

Saat Dolaners mendekati kawasan wisata ini, memang tak tampak benar seperti lembah. Tapi akan terasa dari topografi jalan yang terus menurun saat mendekati Air Terjun Lepo. Setibanya di kawasan Air Terjun Lepo, Dolaners akan melihat beningnya air berwarna turquoise yang terkumpul dalam 4 kolam terpisah. Masing-masing kolam dipagari dinding batu kapur alami yang tampak begitu artistik, dan terhubung oleh tangga batu yang sepertinya telah ditata oleh bantuan warga setempat. Bila Dolaners kelupaan bawa baju ganti, cukup merendam kaki di kolam yang paling dangkal, yang kedalamannya cuma sekitar 0,5 meter. Tapi pasti bakal banyak nyeselnya, karena bening dan warna air kolam yang begitu menggoda. Bahkan kalau Dolaners tak bisa berenang, berendam di salah satu kolam yang dangkal, kira-kira 1 meter saja, sudah cukup melipur hati yang mupeng.

Mau tahu segarnya air pegunungan Bantul? Yuk, ke Air Terjun Lepo!


AKTIVITAS

Kuliner
Di sekitar Air Terjun Lepo ini, ada warung-warung sederhana yang menawarkan bermacam menu pengisi perut. Sehabis berenang, biasanya bikin lapar, sih. Atau sehabis berendam cukup lama dalam kolam air yang dingin, tentunya mengisi perut dengan sesuatu yang anget-anget akan terasa menenangkan.
Akomodasi
Tiket Masuk: gratis
Parkir Motor: Rp 2.000-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-
Kegiatan
Berenang akan jadi kegiatan seru di Air Terjun Lepo. Kawasan wisata ini memiliki 4 tingkat kolam alami yang masing-masing dihubungkan paralel oleh 3 air terjun atau grojogan. Karena air grojogan yang tak setinggi air terjun pada umumnya, maka kolam-kolam air yang dihasilkannya juga cukup tenang dan dangkal. Kedalaman kolam air alami di kawasan Air Terjun Lepo beragam, namun kolam yang paling dalam tak lebih dari 2 meter saja. Jadi jelas, kolam-kolam alami di Air Terjun Lepo ini aman digunakan untuk berenang.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Sebelum menuju kawasan Dlingo, sebaiknya Dolaners mempersiapkan stamina, kendaraan, dan driver yang handal. Rute yang dilalui berupa jalanan perbukitan yang penuh tikungan, turunan, dan tanjakan. Waktu terbaik untuk dolan ke Air Terjun Lepo yaitu diawal musim kemarau, sehingga Dolaners masih kebagian air yang cukup melimpah dan bening. Dimusim hujan, air di kolam cenderung berwarna kecoklatan dan air terjunnya juga lebih deras.
Desa Pokoh terletak sekitar 30 kilometer jauhnya dari Kota Yogyakarta, dan diperlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Dolaners bisa langsung menuju ke arah Terminal Giwangan, terus menuju selatan sampai berada di Jalan Imogiri. Lanjutkan perjalanan sampai Dolaners tiba di Pasar Dlingo, dan Dusun Pokoh berada tak jauh dari pasar ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link