Air Terjun Randusari

259 views

Sudah dolan ke Dlingo? Wilayah di Kabupaten Bantul ini ternyata gak cuma punya Puncak Becici atau Hutan Pinus Mangunan. Masih sama-sama hijau dan asri, Dolaners juga bisa menikmati saat-saat santai di sebuah destinasi wisata tersembunyi di antara perumahan warga sekitarnya. Yak, Air Terjun Randusari memang gak kalah menariknya dibanding destinasi hits lain di Dlingo. Mau tau apa yang bikin Air Terjun Randusari menarik? Yuk, lihat!

Air Terjun Randusari, Air Terjun Randusari Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by robbyansyahdewan97

Lagi nyari landscape view yang bagus, Dolaners? Kalau begitu, kudu lihat dulu Air Terjun Randusari yang berada di wilayah Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini. Curahan air terjunnya yang masih alami dipayungi oleh rindangnya pohon-pohon randu atau kapuk, hingga air terjun inipun dinamai Randusari.

Setelah memarkirkan kendaraan, Dolaners akan meniti jalan setapak yang terus menurun menuju lokasi air terjun. Jarak lokasi air terjun dengan pemukiman warga sekitar 200 kilometer. Dolaners yang suka blusukan di alam hijau pasti menikmati jalan-jalan ke Air Terjun Randusari. Bahkan, perjalanan ini takkan terasa melelahkan karena pepohonan yang rindang, seakan kanopi alami.

Jangan heran bila melihat air terjun ini tampak seperti dua air terjun kembar, masing-masing dengan ketinggian sekitar 15 meter. Sebenarnya, kedua aliran air terjun tersebut cuma dipisahkan oleh batu tebing, hingga tampak seperti air terjun kembar. Aliran deras yang menutupi tebing batu ini berasal dari sumber mata air Ngreboh, yang merupakan sumber air bersih warga setempat. Saat kemarau, sumber mata air ini hanya cukup untuk menopang kebutuhan air bersih sehari-hari warga, jadi debit Air Terjun Randusari sering mengecil atau bahkan mengering.

Sebaliknya, saat musim penghujan, aliran deras Air Terjun Randusari dibendung di bawah, membentuk sebuah kolam berair jernih dan bersih yang sungguh menggoda. Aliran Air Terjun Randusari menyatu dengan Sungai Oyo, yang bisa terlihat bila Dolaners berdiri di Puncak Becici.


AKTIVITAS

Kuliner
Sebelum tiba di kawasan air terjun, Dolaners akan melintasi perumahan warga, dekat dengan area parkir. Nah, di sekitar sinilah terdapat warung-warung sederhana milik warga yang menyajikan makanan dan minuman sederhana. Cukuplah, untuk sekedar mengisi perut dan melepas dahaga.
Akomodasi
Air Terjun Randusari masih dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Fasilitasnya masih terus dikembangkan dan ditambah, namun hingga kini sepertinya belum ada sistem ticketing yang diterapkan.
Kegiatan
Selain pohon randu yang hasil kapuknya digunakan sebagai isi kasur atau bantal oleh warga setempat, di sekitar Air Terjun Randusari juga banyak terdapat pohon-pohon kelapa. Bila Dolaners membawa hammock, boleh lah bersantai menikmati udara segar di antara batang-batang pohon kelapa ini. Kalau bawa baju ganti dan baju renang, ini saatnya nyebur ke kolam di bawah air terjunnya, Dolaners! Kedalaman kolam ini cuma sampai sekitar 2 hingga 3 meter saja, jadi masih cukup bersahabat bila Dolaners gemar berenang di air bersih, langsung dari sumber mata air pegunungan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Memang kawasan Dlingo yang sejuk ini seperti unen-unen Jawa, tampak ijo royo-royo. Sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Randusari, Dolaners bisa menikmati asri dan segarnya suasana alam Dlingo. Karenanya, akan lebih komplit lagi bila Dolaners eksplor juga ke Hutan Pinus Mangunan ataupun Puncak Becici.
Air Terjun Randusari berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Yogyakarta. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners bisa mengawali perjalanan dari kawasan Terminal Giwangan Kota Yogyakarta. Dari sini, lanjutkan ke Jalan Imogiri Timur, melewati Pasar Imogiri, ambil arah menuju Hutan Pinus Mangunan. Setelah melewati Hutan Pinus Mangunan, lanjutkan perjalanan menuju arah Puncak Becici. Setelah melewati Puncak Becici, Dolaners akan mendapati petunjuk arah menuju Air Terjun Randusari. Atau, perjalanan menuju destinasi wisata alam ini bisa juga ditempuh melalui ringroad Jalan Wonosari, menuju ke Sekarsuli setelah perempatan Sampaan, lanjut ke arah Piyungan, Bukit Bintang, Patuk. Setibanya di perempatan dekat pos polisi Patuk, Dolaners belok kanan menuju Dlingo, dan ikuti petunjuk arah menuju Air Terjun Randusari.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link