Bali

Air Terjun Sekumpul

1006 views

Berwisata ke Bali tidak harus ke pantai melulu. Selain kaya dengan pesona pantainya, di daerah Buleleng ternyata terdapat sebuah spot wisata alam yang memberikan corak berbeda bagi wajah wisata Bali. Air Terjun Sekumpul, begitulah nama yang melekat di spot air terjun indah yang berada di bagian utara Pulau Bali ini.

Sekumpul Waterfall Bali

Photo via Gusti Ngurah Gede Putra

Air Terjun Sekumpul ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Bukan hanya satu air terjun saja yang mengalirkan air di tempat in, setidaknya terdapat 2 buah air terjun yang mengalir deras. Karena Air Terjun Sekumpul cukup tinggi, maka air terjun ini dapat dolaners nikmati dari kejauhan sebelum dolaners masuk ke bagian dalam area Air Terjun Sekumpul. Disini akan tampak dua buah air terjun yang jatuh dan sumber airnya tertutup oleh rimbunnya pepohonan hijau yang menutupinya.

Dua buah air terjun yang berdekatan ini sebenarnya memiliki karakter dan asal yang berbeda. Sekumpul Waterfall yang pertama mempunyai bentuk air terjun yang alirannya tunggal seperti air terjun yang sering dolaners temui dan berasal dari mata air pegunungan. Air terjun yang kedua memiliki ketinggian yang lebih tinggi daripada spot air terjun yang pertama. Bentuk air terjunnya berjuntai seperti kelambu dan berasal dari aliran sebuah sungai. Jadi, pada saat musim penghujan, air terjun yang pertama akan tetap dalam keadaan jernih, sementara air terjun yang kedua akan berwarna coklat keruh.

Sebelum dolaners bisa menikmati Air Terjun Sekumpul Bali dari dekat, maka dolaners akan diajak untuk menempuh perjalanan dengan berjalan kaki setelah melewati pintu masuk. Dengan melewati cukup banyak anak tangga yang sudah terbuat dari beton dan juga mempunyai pegangan dari besi tentunya bisa membuat pengunjung merasa aman saat menuruni perbukitan. Saat dolaners menuruni anak tangga tersebut akan terdengar suara gemuruh Air Terjun Sekumpul yang menghantam kolam yang berada dibawahnya. Setelah menuruni anak tangga, maka dolaners akan menemui sebuah jembatan yang memiliki air sungai yang sangat jernih dan dibawahnya tampak segar apabila dolaners berendam disana. Sejuk, hijau dan menyenangkan, begitulah yang akan dolanes rasakan saat berada disini.


AKTIFITAS

Kuliner
Di dekat lokasi Air Terjun Sekumpul terdapat warung yang menyediakan kuliner berupa ikan mujair. Biasanya, dolaners bisa makan disana dengan membayar Rp. 20.000,- per paket ikan mujair yang sudah dilengkapi dengan nasi, sayur urep, sambel bongkot, kacang tanah goreng, jungkut undis, serta minuman.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000,-/orang
Biaya Parkir Motor : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 10.000,-
Kegiatan
Dolaners bisa menikmati Air Terjun Sekumpul ini seraya berendam dan menikmati hijaunya alam Buleleng. Dolaners tentunya juga bisa berselfie atau wefie ria di Air Terjun Sekumpul yang indah ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Datanglah pada saat cuaca cerah dan berhati-hatilah saat dolaners melintasi anak tangga. Karena, meskipun terbuat dari beton, kadang anak tangga ini juga licin pada saat turun hujan.
Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sekumpul, maka dolaners harus berkendara selama kurang lebih selama satu jam setengah dari Denpasar dengan melewati areal wisata berupa Kebun Raya Eka Karya – Bedugul. Sesampainya di lokasi, dolaners akan disediakan tempat parkir. Disana akan ada pemuda desa setempat yang akan membantu dolaners untuk parkir atau bersedia menjadi pemandu menuju ke lokasi air terjun. Jika dolaners membawa mobil lebih baik parkir di atas, di areal jalan raya karena jalan turunan menuju Air Terjun Sekumpul Buleleng tidak begitu besar dan lokasinya lumayan terjal.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link