Alun-Alun Kota Bandung

2526 views

Menghabiskan waktu bersama anggota keluarga merupakan sebuah hal yang harus dilakukan. Berwisata tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Alun-alun Kota Bandung menghadirkan atmosfer wisata bersama keluarga tanpa harus merogoh kocek yang berlebihan, ditemani suasana santai dan mendukung untuk terjalinnya quality time bersama keluarga.

Alun-Alun Kota Bandung

Photo by kurniawanwp91.wordpress.com

Alun-alun Kota Bandung yang dulunya nampak tidak teratur dan acak-acakan sekarang telah di sulap menjadi area wisata Kota Bandung yang teratur, rapi nan asri. Setelah 3 bulan menjalani renovasi, kini Alun-alun Kota Bandung telah siap menyandang daftar ikon pariwisata Kota Bandung yang patut Dolaners dan keluarga kunjungi. Jika sebelum di renovasi area tengah Alun-Alun Kota Bandung terlihat tidak begitu luas dan terkesan sempit, karena terdapat pot tanaman yang berukuran relatif besar maka setelah di renovasi pot tanaman tersebut di sisihkan dan tidak lagi dipergunakan. Pot yang besar di gantikan oleh lapangan rumput sintesis yang berwarna hijau, sehingga terkesan lebih luas nan asri.

Untuk menambah kesan casual dan nyaman, bagi Dolaners yang berkunjung ke Alun-Alun Kota Bandung akan di arahkan untuk melepas alas kaki sewaktu berada dalam area lapangan rumput sintesis. Alasan penanaman area lapangan dengan rumput sintesis dikarenakan taman yang mempunyai luas 1.200 meter tersebut berada di atas sebuah bangunan parkir, yang beralaskan oleh beton, sehingga apabila di tanami rumput asli maka akan menghadirkan biaya perawatan yang mahal, di samping itu rumut juga akan gampang mati. Nantinya taman ini akan di hiasi pula oleh 4 warna bunga, yaitu ungu, hijau, merah serta kuning. Tak hanya itu, akan disertakan juga permainan bagi anak, seperti: ayunan, jungkat-jungkin dan perusutan yang terdapat di sebelah utara. Di sebelah utara Alun-Alun Kota Bandung juga akan disediakan halte bus guna melengkapi fasilitas di taman kota ini.

Dolaners bisa mengurangi kebiasaan untuk rekreasi ke pusat-pusat perbelanjaan dan mall serta dapat mulai beralih ke Alun-Alun Kota Bandung. Nantinya akan terdapat pula perpustakaan yang bukunya bisa Dolaners baca dan pinjam, manfaatkan fasilitasnya.


AKTIFITAS

Kuliner

Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Taman Alun-Alun Kota Bandung, Dolaners tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan Alun-Alun Kota Bandung ini banyak berjajar pedagang yang menjajakan macam macam dagangannya. Beragam pilihan kuliner dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Selain makanan maupun minuman, di sini banyak pula pedagang yang menjajakan mainan, pakaian anak, maupun souvenir yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan.

Jika dirasa kuliner yang ada di Alun-Alun Kota Bandung ini belum memuaskan hasrat kuliner Dolaners, jangan khawatir karena di sekitar kawasan ini terdapat banyak rumah makan yang menggiurkan untuk dikunjungi, seperti Rumah Makan Ayam Pak Karso, Bebek Garanag, Braga Permai, Wiki Koffie, Mie Linggarjati dan masih banyak lagi.

Kegiatan
Rumput sintesis hijaunya yang luas telah menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak hingga orang dewasa untuk bermain-main bola di atasnya, sehingga menjadi salah satu tempat wisata anak di kota Bandung yang menarik dan populer karena dilengkapi juga dengan arena bermain seperti ayunan, perosotan hingga jungkitan yang berada di pinggiran taman Alun-Alun Kota Bandung. Belum cukup di sana, area kawasan wisata Alun-Alun Kota Bandung pun saat ini telah disulap sedemikian rupa menjadi kawasan hijau dan berwarna-warni karena telah dibangunnya taman bunga yang indah yang terdiri dari banyak warna seperti merah, kuning hijau dan ungu.

Sebagai kawasan asri dan hijau di tengah kota kembang, kehadiran Alun-Alun Kota Bandung memang menjadi magnet tersendiri khususnya warga masyarakat lokal bandung hingga wisatawan luar daerah,menikmati keindahan Alun-Alun Kota Bandung baik siang apalagi malam hari adalah kegiatan wisata yang mengasyikan.Persis di sebelah kiri Alun-Alun Kota Bandung, di sana ada halte bus damri atau angkutan yang dulunya kumuh dan tak terawat, kini setelah halte tersebut dirombak dan didesign ulang apalagi setelah dipasang tulisan Alun-Alun Bandung dalam ukuran besar, maka warga masyarakat bandung dan wisatawan bisa bercengkrama duduk-duduk santai di atas tulisan Alun-Alun Kota Bandung tersebut sambil menikmati keasyikan serta keseruan yang ada di sana.Apalagi di malam hari, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah Alun-Alun Kota Bandung yang disinari aneka warna lampu yang menyinari kawasan.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan untuk menuju ke Alun-Alun Kota Bandung sangat mudah, hal ini dikarenakan lokasinya yang berada tepat di jantung kota, jika Dolaners berangkat dari Kota Baru – Tol Pasteur – Jl. dr. Junjunan – Cihampelas – Wastukencana – Merdeka – Lembong – Tamblong – Asia Afrika – Alun Alun Bandung.
Jika Dolaners menggunakan angkutan umum untuk sampai ke Alun-Alun Kota Bandung ini, jika dari Stasiun Gambir naik KA Argo Parahyangan Jakarta – Bandung turun di Stasiun Bandung. Keluar pelataran selatan/Jalan Stasiun Timur, jalan ke Terminal Stasiun Hall, disitu naik angkot hijau muda – hijau 12 Stasiun Hall – Gede Bage turun di Masjid Raya Bandung (Masjid Agung).

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link