Alun-Alun Kota Batu

3761 views

Dinginnya air di Alun-Alun Kota Batu Malang sungguh sukar dilupakan, teramat menambatkan kerinduan yang mendalam pada keindahan suasana khas Batu dengan segala hal yang dimilikinya. Menghadirkan berbagai macam bentuk keunikan yang membekas dalam benak setiap pengunjungnya membuat area ini semakin dicintai.

alun alun kota batu

Photo by blakraxtrip.com

Saat Dolaners mengunjungi kota Malang, jangan lewatkan untuk mampir ke Alun-Alun Kota Batu. Dengan mampir sejenak ke Alun-Alun Kota Batu maka kunjungan Dolaners di kota yang teramat dibanggakan ini akan menjadi lengkap. Salah satu tempat Malang yang biasanya dijadikan para pengunjung sebagai tempat untuk mampir sekedar beristirahat atau nongkrong-nongkrong belaka, Alun-Alun Kota Batu juga menjadi sebuah destinasi yang menambah lengkapnya obyek wisata yang layak dikunjungi di Malang.

Sebagai alun-alun layaknya pusat dari daerah Batu maka tempat ini tak lepas dari keramaian pengunjung baik dari lokal maupun lain daerah. Beragam pedagang menghadirkan aksinya dalam beragam jenis karya seperti makanan-makanan khas maupun ragam aksesoris dan cinderamata khas Batu Malang. Mereka menyebar ditempat-tempat strategis sekaligus mengakrabi pengunjung sehingga membuat pengunjung lebih mengenal daerah ini secara lebih mendalam.

Keindahan yang dimiliki oleh Alun-Alun Kota Batu dapat ditemui dari beragam wahana yang tersedia disana. Wahana yang paling terkenal adalah Ferris wheel. Kabin berputar yang dimiliki oleh Ferris Wheel sejumlah 17 kabin, hanya dengan tarif yang relatif murah Dolaners dapat menikmati putarannya seraya menyaksikan indahnya pemandangan kota Batu dari Ferris Wheel ini. Dolaners akan menemukan dan merasakan sesuatu yang amat beda dari wahana unik yang satu ini, nah jangan lupa pula untuk memberikan pose yang terbaik dalam jepretan kamera ketika menikmati wahana Ferris Wheel ini.

Wahana lain yang dapat Dolaners dapati disana adalah taman bermain, namun taman bermain ini khusus diperuntukkan untuk anak yang berusia dibawa 5 tahun. Sangat cocok bukan untuk dijadikan wisata keluarga? Wahana lain yang tak kalah indahnya untuk dinikmati adalah air mancur. Pancurannya ada yang berasal dari kolam dan ada pula yang berasal dari bawah tanah, tentu saja airnya masih murni dan bersih. Sungguh sangat mengagumkan. Jangan kaget karena ada bangunan strowberi dan apel raksasa disana. Strowberi sebagai tempat informasi, sedangkan apel sebagai toilet. Sungguh fitur indah dan luar biasa yang menentramkan hati. Menikmati keindahan Alun-Alun Kota Batu Malang sangat menyenangkan, Dolaners harus buktikan!


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Taman Alun-Alun Kota Batu, Dolaners tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan Alun-Alun Kota Batu ini banyak berjajar pedagang yang menjajakan macam macam dagangannya. Beragam pilihan kuliner dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Selain makanan maupun minuman, di sini banyak pula pedagang yang menjajakan mainan, pakaian anak, maupun souvenir yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan. Jika dirasa kuliner yang ada di Alun-Alun Kota Batu ini belum memuaskan hasrat kuliner Dolaners, jangan khawatir karena di sekitar kawasan ini terdapat banyak rumah makan yang menggiurkan untuk dikunjungi, seperti Rumah Makan HC Putra, Cafe Ganesha, POS Ketan, Rumah Sosis Bandung, Waroeng Steak and Shake, Warung Sidik Batu, Jungle Fast Food dan masih banyak lagi.
Kegiatan

Alun-Alun Kota Batu merupakan taman yang tata lanskap yang cantik dengan Bianglala dan serta Tugu Apel yang menjadi landmarknya Kota Batu. Tugu Apel dikelilingi kolam kecil dan air mancurnya, burung-burung dara berhinggapan di dekat kolam terdapat bangku-bangku taman yang bisa kita gunakan untuk bersantai sambil menikmati suasana alun-alun apalagi sambil sruput the atau kopi panas. Selain Apel terdapat buah-buahan lain seperti buah Strawberi, Wortel dijadikan bangunan yang menghiasi Alun-Alun Kota Batu. Buah-buahan tersebut mewakili produksi unggulan kota Batu sekaligus mewakili Agrowisata petik buah. Alun-Alun Kota Batu ini juga ramah dengan anak-anak, selain adanya ruang smoking area, disini juga terdapat permainan anak-anak seperti ayunan, prosotan, kuda-kudaan dan mainan lainnya serta beberapa patung binatang dengan desain lucu agar mudah disukai pengunjung terutama anak-anak.

Bianglala, salah satu yang bikin menariknya Alun-Alun Kota Batu. Mungkin alun-alun satu-satunya untuk saat ini yang mempunyai Bianglala. Bianglala ini tingginya sekitar 15 meter sehingga ketika Dolaners berada di puncaknya kita bisa menikmati pemandangan kota Batu dari ketinggian, melihat kota Batu yang dikelilingin pegunungan. Cobalah menaiki bianglala ini saat cerah, atau menjelang senja saat langit cerah atau ketika malam hari sehingga bisa melihat gemerlap lampu kota Batu yang kian ramai. Sayangnya untuk melihat pemandangan, salah satu sisi kaca dari Bianglalanya buram dan seharusnya diganti agar pengunjung bisa lebih menikmati pemandangan saat menaiki Bianglala. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 3000,- Dolaners bisa menaiki Bianglala selama satu putaran.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju Taman Alun-Alun Kota Batu sangatlah mudah, dan ada dua jalur utama yaitu dari arah Kediri dan Kota Malang. Dolaners dapat kesana dengan menggunakan transportasi umum maupun pribadi. Letak Alun-Alun Kota Batu mudah ditemukan karena berada dalam jalur transportasi umum.
Untuk dapat sampai ke Taman Alun Alun Kota Batu, Dolaners bisa menggunkana kendaraan pribadi maupun angkutan umu. Jika menggunakna Angkutan umum dari terminal Landung Sari Malang Dolaners hanya perlu naik angkutan yang berkode BL / BTL / BTL dan Dolaners akan turun tepat di depan Alun-Alun Kota Batu.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link