Alun Alun Lor Yogyakarta

1987 views

Dolaners tahu apa saja landmark Kota Yogyakarta? Banyak banget, kan? Salah satunya adalah Alun Alun Lor, yang berada tepat di sisi utara Keraton Yogyakarta. Memang cuma tanah lapang yang bisa dilihat di mana-mana, tapi cerita perjalanan seiring perubahan masa demi masa yang tersimpan di tanah lapang ini banyak sekali. Bahkan saat-saat tertentu, tanah lapang ini bisa berubah drastis seakan tak cukup ruang untuk menampung begitu banyaknya orang yang terkumpul. Mari lihat Alun Alun Lor lebih dekat.

Alun Alun Lor Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by arif_josselalu

Alun Alun Lor, dalam Bahasa Jawa, sama dengan Alun Alun Utara. Letaknya memang berada di sebelah utara Keraton Yogyakarta. Landmark Yogyakarta ini sebenarnya sebuah tanah yang sangat lapang, berbentuk persegi, dengan luas 150 meter x 150 meter. Tanah lapang ini dikelilingi Jalan Alun Alun Utara yang teraspal rapi di semua sisinya. Di tengah lapangan ini ada dua pohon beringin besar, yang diberi nama Kyai Wijayandaru dan Kyai Wijayandaru.

Alun Alun Lor zaman old berbeda jauh dari zaman now. Dulunya, ada 63 pohon beringin di sekeliling alun-alun, yang melambangkan usia Nabi Muhammad SAW. Permukaan tanah lapang yang sedemikian luas ini juga dilapisi dengan pasir halus yang berguna untuk memfasilitasi latihan prajurit kerajaan. Atraksi bela diri dan keterampilan para prajurit kerajaan di hadapan Sultan juga dilakukan di atas pasir halus di Alun Alun Lor, sementara Sultan dan para pembesar kerajaan menyaksikan dari Siti Hinggil yang berada di bagian muka Keraton. Siti Hinggil juga menjadi tempat Sultan menyaksikan Tapa Pepe yang berlokasi di antara Kyai Wijayandaru dan Kyai Wijayandaru. Tapa Pepe adalah ekspresi rakyat menyampaikan uneg-unegnya pada Sultan, mungkin seperti demonstrasi damai kalau di zaman now, ya.

Kalau Dolaners sekarang jalan-jalan di Alun Alun Lor, peraturan yang mengikat di area ini tak seketat zaman dulu. Kalau dulu, Dolaners tak boleh menggunakan alas kaki di seluruh area alun-alun, tak boleh berkendara, menggunakan tongkat, bahkan mengembangkan payung. Semua larangan ini bertujuan sebagai wujud penghormatan kepada Sultan. Kini, semua jauh berbeda. Sudah ada jalan berpaving yang membelah alun-alun, menuju Pagelaran Keraton. Area ini juga tak pernah sepi pengunjung, apalagi pedagang kaki lima, mulai pagi hingga malam. Bahkan lapangan ini dimanfaatkan untuk kelas olahraga pagi para siswa dari sekolah-sekolah di sekitar Keraton. Saat malam, lapangan ini bisa berubah total menjadi pasar malam, konser musik, pertunjukan seni budaya, sepeda santai, dan berbagai acara rakyat yang lain.


AKTIVITAS

Kuliner
Kuliner populer di sekitar Alun Alun Lor adalah sentra gudeg Wijilan. Lokasinya tak terlalu jauh dari alun-alun, tepatnya di sebelah kanan, di ruas Jalan Wijilan. Dari Jalan Alun Alun Utara, Dolaners masuk ke Jalan Ibu Ruswo, kemudian belok kanan di Jalan Wijilan. Tapi kalau dirasa terlalu jauh, Dolaners masih bisa makan-makan santai di kedai kaki lima yang banyak ditemukan di tepi Jalan Alun Alun Utara.
Akomodasi
Tidak ada tiket masuk untuk memasuki area Alun Alun Lor.
Kegiatan
Kalau Dolaners mau menikmati wisata di Alun Alun Lor dengan maksimal, sebaiknya datang ke Yogyakarta bertepatan dengan saat perayaan Grebeg Maulid Nabi, Pekan Raya Sekaten, atau upara-upacara Keraton yang lain.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Alun Alun Lor berdekatan dengan destinas-destinasi wisata lain, seperti Keraton Yogyakarta, Masjid Gedhe, Benteng Vredeburg, dan kawasan Malioboro. Dolaners juga bisa langsung jalan-jalan ke kawasan Kauman yang memiliki eksotisme kota kunonya yang khas. Dan bila memang tertarik pada hal-hal kuno yang antik, Dolaners bisa berkunjung ke Museum Sonobudoyo, yang gedungnya berada di tepi Jalan Alun Alun Utara.
Lokasi Alun Alun Lor berada di pusat Kota Yogyakarta. Mudah banget diakses. Bila Dolaners dari arah Jalan Malioboro, jalan kaki saja melewati Kawasan Titik Nol Kilometer Kota Yogyakarta, atau perempatan Kantor Pos, terus ke arah Keraton. Alun Alun Lor berjarak sekitar 200 meter saja dari perempatan ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link