Bali

Banah Cliff, Nusa Penida

1279 views

Nusa Penida memang sangat terkenal dengan keunikan tempat wisatanya. Salah satunya adalah Banah Cliff, sebuah batu karang bolong yang bentuknya menyerupai donat dan ketinggiannya mencapai 200 meter. Diatasnya juga dihiasi tumbuhan hijau yang membuat takjub karena keindahannya. Air lautnya yang jernih dan berombak di tengah Banah Cliff yang berlobang juga menjadi sebuah daya tarik yang sangat sayang bila dolaners lewatkan.

Pantai Banah Bali

Photo via Cody Drew Duncan

Banah Cliff Nusa Penida ini merupakan sebuah lokasi wisata yang letaknya berada di kawasan Desa Batumadeg. Letaknya berada di tengah lautan lepas Samudera Hindia dengan jarak sekitar 35 km dari pelabuhan kapal roro. Memang, keindahannya tak perlu diragukan lagi. Batu karang raksasa ini memiliki lobang ditengahnya sehingga bentuknya menyerupai donat dan terdapat deburan ombak di bagian bawahnya. Tentunya, keunikan ini mampu mengundang wisatawan untuk datang kesini. Tinggi Banah Cliff  ditaksir mencapai sekitar 200 meter.

Keunikan lain dari Banah Cliff Nusa Penida adalah tumbuhan hijau yang tumbuh pada bgian atas karang raksasa yang berlubang ini. Tentunya, dolaners bisa mengabadikannya dengan kamea ataupun smartphone dolaners. Selain itu, karena kejernihan air lautnya, dolaners pastinya juga bisa untuk melihat pemandangan berupa ikan pari yang berenang menari-nari di sekitar Banah Cliff, Nusa Penida, Bali. Memang, kawasan sekitar Banah Cliff Nusa Penida ini adalah habitat ikan pari.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Banah Cliff Bali adalah pada sore hari. Dolaners akan takjub melihat pemandangan sunset dari Pantai Banah yang terkadang tenggelam tepat di tengah Bukit Banah yang bolong ini. Dolaners juga bisa mengamatinya dari atas tebing dan tentunya akan sangat keren karena memang tidak ada pembatas apa-apa antara tebing dengan lautan lepas di sekitarnya. Tetapi, harus tetap hati-hati ya dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Dikarenakan letak Banah Cliff  berada di tengah lautan lepas, maka dolaners tidak akan menemukan penjual makanan yang berjualan di sekitar Pantai Banah, Bali. Oleh karena itu, bawalah bekal makanan yang cukup saat dolaners berkunjung ke tempat wisata hits di Bali ini.
Akomodasi
Biaya Sewa Kapal Motor : Rp. 75.000,-
Biaya sewa motor : Rp 50.000,- sampai dengan Rp 100.000,-/hari
Kegiatan
Di lokasi wisata Banah Cliff Nusa Penida, dolaners bisa melihat pemandangan unik berupa batu karang raksasa yang berlobang dan bersantai di sekitar pantai. Selain itu, dolaners juga bisa untuk mengambil foto dan melihat keindahan sunset dengan background Banah Cliff Bali ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Berhati-hatilah saat dolaners menaiki tebing Banah Cliff Bali karena tidak ada pembatas antara tebing dan lautan. Selain itu, diharapkan kepada dolaners untuk berkunjung pada saat cuaca cerah agar kegiatan wisata dolaners lebih lengkap dan lebih nyaman.
Rute perjalanan yang tercepat ke Pulau Nusa Penida adalah dengan menyeberang melalui jalur laut dengan menggunakan speed boat. Pilihan lainnya adalah kapal roro Nusa Jaya Abadi yang biasanya menjadi alat transportasi utama. Kemudian, dari arah pelabuhan Buyuk dolaners bisa langsung menuju ke Pantai Banah dan memerlukan waktu selama sekitar 1 jam.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link