Baron Techno Park

765 views

Siapa sih, yang tak mengenal Gunung Kidul dengan pantainya yang berpasir putih eksotis? Belum lagi, pegunungan karst atau batu kapurnya yang terkesan tangguh, menawarkan topografi yang sempurna untuk menikmati sunset dan sunrise. Tak lupa, gua-guanya dengan stalaktit dan stalakmit yang unik, dan masih banyak lagi keistimewaannya. Namun ternyata, Gunung Kidul masih menyimpan daya tariknya yang lain, sebuah destinasi wisata edukasi yang belum banyak dilirik orang, Baron Techno Park.

Baron Techno Park, Baron Techno Park Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by jupiteraerobaticteam

Baron Techno Park. Pernah dengar nama ini? Destinasi wisata edukasi di Gunung Kidul ini memang masih belum dilirik banyak orang, bahkan tak semua warga Gunung Kidul akrab dengan nama ini. Sayang sekali, bukan? Padahal, Baron Techno Park memiliki tak hanya fasilitas wisata dan edukasi, tapi juga sarana uji terap teknologi pemanfaatan energi baru dan terbarukan.

Memasuki kawasan Baron Techno Park, Dolaners bisa melihat solar panel, menara kincir angin, dan lain-lain. Kincir angin di Baron Techno Park digunakan untuk menggerakkan turbin, sebagai pembangkit listrik tenaga angin. Di area pembibitan tanaman energi, Dolaners bisa melihat beberapa tanaman yang terasa familiar, seperti jagung, buah naga, jarak pagar, dan tanaman-tanaman lain yang sengaja dibudidayakan sebagai bahan dasar bioetanol maupun biofuel atau bahan bakar nabati. Baron Techno Park juga punya fasilitas stasiun cuaca untuk membaca arah angin, kecepatan angin, kelembaban udara, serta temperatur udara. Bagusnya, setiap instalasi dan bangunan dilengkapi dengan deskripsi jelas, membuktikan bahwa Baron Techno Park memang bertujuan edukatif. Bahkan bila berkeliling tanpa pemandu sekalipun, Dolaners tinggal membaca setiap deskripsi dan akan pulang dengan segudang pengetahuan baru.

Tak hanya melulu berkaitan dengan teknologi energi, Baron Techno Park juga memperlihatkan bagaimana mengolah limbah penambangan batu yang banyak dilakukan di wilayah Gunung Kidul. Di salah satu laboratoriumnya, Dolaners bisa melihat hasil pengolahan limbah ini menjadi benda-benda artistik yang cantik.

Tanpa melupakan sisi wisatanya, Baron Techno Park Spot punya satu spot ikonik, sebuah menara jam matahari raksasa. Jam matahari atau sundial adalah perangkat kuno sederhana penunjuk waktu, yang sudah digunakan sebelum manusia mengenal jam modern seperti sekarang. Nah, Dolaners bisa melihat seperti apa wujud jam matahari dalam ukuran yang luar biasa besar di Baron Techno Park. Berdiri di atas menara jam matahari ini, Dolaners disuguhi pemandangan Samudera Hindia yang biru dari semenanjung daratan Parangrancuk. Bayangkan menikmati sunset atau sunrise di menara ini, dengan Mercusuar Tanjung Baron serta pantainya nampak di kejauhan. Jika Dolaners mencari lokasi yang paling instagramable di Baron Techno Park, menara jam matahari inilah yang paling tepat.


AKTIVITAS

Kuliner
Destinasi wisata edukasi Baron Techno Park tidak menawarkan kuliner khusus.
Akomodasi
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Kegiatan
Ada banyak hal yang bisa dilihat dan dipelajari di Baron Techno Park. Misalnya, Dolaners bisa melihat dan mempelajari tentang contoh teknologi fotovoltaik atau solar panel. Selain itu, Dolaners juga bisa melihat penerapan teknologi green clean renewable energy serta contoh axial flux wind turbin.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Baron Techno Park dibangun dengan dana hibah NORAD Norwegia di kawasan Pantai Parang Racuk sekitar 9 tahun lalu. Karena masih berada dalam satu area, Dolaners bisa melanjutkan jalan-jalan ke Pantai Parang Racuk. Beda lagi jika Dolaners berjalan hingga ke ujung semenanjung, melintasi Solar Panel Farm. Dari titik terjauh daratan ini, Dolaners bisa melihat Pantai Baron.
Jarak Baron Techno Park dari Kota Yogyakarta sekitar 58 kilometer. Dolaners bisa melajukan kendaraan ke arah Pasar Telo Karangkajen, terus hingga sampai di Jalan Raya Panggang Wonosari. Setelah berada di Jalan Pantai Selatan Jawa, Dolaners akan melihat Baron Techno Park di sisi kanan jalan. Jika dari Pantai Baron, Dolaners cukup berjalan kaki melintasi setapak hingga tiba di Baron Techno Park. Atau bila berkendara, Dolaners langsung saja memarkirkan kendaraan di lahan parkir Baron Techno Park.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link