Bendungan Waduk Sermo

318 views

Bila Jawa Barat punya Bendungan Jati Luhur, maka Yogyakarta punya Bendungan Waduk Sermo. Memang tak semasif Bendungan Jati Luhur, tapi Bendungan Waduk Sermo memiliki keindahan panorama perbukiatan yang mengitarinya, apalagi saat dilihat dari Wisata Kalibiru Kulon Progo. Dan bila dilihat lebih dekat, bendungan yang dibangun pada era Orde Baru ini memiliki struktur yang tak sederhana, sama rumitnya dengan sistem irigasi yang ditopangnya.

Bendungan Waduk Sermo, Bendungan Waduk Sermo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via muhammad_zulvikar

Bendungan Waduk Sermo adalah sebuah bangunan raksasa yang menahan aliran Sungai Ngrancah. Menghabiskan dana lebih dari 22 Miliar, kawasan Waduk Sermo selesai dibangun selama hampir 3 tahun, dan kemudian diresmikan pada akhir tahun 1996 oleh Presiden Soeharto. Seperti banyak disebutkan di berbagai sumber sejarah, masa pemerintahan Presiden Soeharto banyak berfokus pada pembangunan agraria. Jadi, tak jauh-jauh dari misi melimpahnya sumber pangan, Bendungan Waduk Sermo dibangun pada masanya untuk tujuan irigasi sawah pertanian di sekitarnya. Hingga kini, air yang dibendung oleh bangunan raksasa ini masih melimpah, bahkan menjadi sumber air bersih bagi kelangsungan hidup warga Kulon Progo dan Wates.

Waduk seluas lebih dari 150 hektar ini dulunya adalah pemukiman warga biasa. Ratusan keluarga ditransmigrasikan ke Riau dan Bengkulu demi membangun Waduk Sermo. Kini, seluruh kawasan pemukiman telah berupa menjadi air yang terkumpul sebanyak lebih dari 20 juta meter kubik. Dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga serta minimnya sedimentasi, kualitas air yang dibendung di Waduk Sermo diklaim yang paling baik. Dolaners bisa lihat sendiri betapa beningnya air waduk ini.

Air yang terkumpul oleh Bendungan Waduk Sermo membentuk sebuah danau luas yang berpagar bukit-bukit hijau di sekelilingnya. Air dari waduk ini mengairi sistem irigasi di beberapa wilayah yang saling terhubung. Kecanggihan Waduk Sermo tak hanya pada fungsinya, namun juga pada bangunan bendungan utamanya. Bendungan ini tersusun dari batu dengan zonasinya masing-masing dan bagian inti yang kedap air. Bangunan raksasa ini memiliki ketinggian nyaris 60 meter, panjang 190 meter, dan lebar 8 meter. Ditambah dengan elevasi dari permukaan tanah sekitarnya, bendungan utama Waduk Sermo ini tampak begitu megah.


Kuliner
Suka ikan segar? Jangan jauh-jauh dari Waduk Sermo. Dolaners bisa berburu kuliner ikan tawar segar.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 3.000,-
Foto di Gardu Pandang: Rp 10.000,-
Wisata Keliling Waduk dengan Perahu: Rp 6.000,- per orang
Sewa Perahu: Rp 30.000,- per perahu
Kegiatan
Beda jaman, beda masa. Lain dulu, lain sekarang. Bendungan Waduk Sermo sekarang menjadi wisata selfie yang cukup hits di wilayah Kulon Progo, Yogyakarta. Jadi, jangan sampai Dolaners jalan-jalan ke Waduk Sermo tanpa siap kamera, ya! Bilapun bukan untuk tujuan selfie, kamera akan tetap berguna untuk mengabadikan keindahan kawasan Waduk Sermo. Yang jelas, jangan lewatkan pemandangan senja yang memesona di sini. Bagus lagi bila sedang ada latihan atau lomba dayung di area waduk. Capture the moment, Dolaners! Tapi jangan lupa untuk menikmati keseruan pemandangan latihan atau lomba dayungnya juga, ya. Lain cerita bila Dolaners paling gak betah cuma bengong melihat pemandangan sekitar. Fasilitas pemancingan di Waduk Sermo yang cukup tenar ini mungkin menarik minat Dolaners? Ada ikan predator yang terkenal di perairan Waduk Sermo, yaitu si setan merah. Atau, bila memancing masih terasa gak ngapa-ngapain, Dolaners bisa sewa perahu dan keliling Waduk Sermo sambil menikmati pemandangan Perbukitan Menoreh.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Waktu terbaik untuk sejenak dolan ke Bendungan Waduk Sermo ialah menjelang sore. Dolaners bisa seru-seruan dulu di Wisata Kalibiru Kulon Progo, baru kemudian turun ke Waduk Sermo. Jarak antara kedua destinasi wisata ini hanya sekitar 4 kilometer.
Dari Kota Yogyakarta, Dolaners bisa tiba di Bendungan Waduk Sermo dalam waktu sekitar 90 menit untuk jarak sekitar 40 kilometer. Rute yang paling mudah ditempuh dengan kendaraan pribadi yaitu melalui Wates. Setelah melihat patung kuda di sisi barat alun-alun Wates, Dolaners bisa memilih arah menuju Waduk Sermo.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link