Benteng Kedung Cowek

5583 views

Dolaners pasti tak asing lagi dengan Jembatan Suramadu. Atau malah udah berkali-kali lewat kesini? Sekarang saatnya nyoba yang baru di deket-deket situ. Apa itu? Benteng Kedung Cowek.

benteng, benteng surabaya, benteng di kota surabaya, benteng kedung cowek, benteng gudang peluru, selat madura, benteng pantai, dolan dolen, dolaners

photo by tikuskeluyuran.blogspot.co.id

Benteng Kedung Cowek ini dekat banget sama Jembatan Suramadu, tak jauh dari gerbang masuk tol. Karena lokasinya yang berada di wilayah Kedung Cowek, benteng peninggalan Belanda ini sering disebut dengan nama lokasinya. Uniknya, penduduk sekitar malah menyebutnya Benteng Gudang Peluru karena dulunya benteng ini digunakan untuk menyimpan peluru. Ada cerita sejarahnya loh, Dolaners.

Acara simpan menyimpan peluru ini dilakukan setelah Belanda membangun benteng di tepi pantai Selat Madura ini. Jadi, tujuan awal dibangunnya Benteng Kedung Cowek ini adalah untuk pertahanan Belanda melawan Jepang pada Perang Pasifik. Belanda menyiapkan meriam-meriam besar dibalik beton benteng yang telah dibangun dengan sangat kokoh dan tebal. Meriam-meriam ini tak sempat ditembakkan saat Belanda diserang Jepang. Kemudian, pada masa pendudukan Jepang, benteng warisan Belanda ini digunakan sebagai basis pertahanan laut dengan menambah persenjataan. Kejadian yang sama terulang. Jepang tak sempat menggunakan persenjataannya di benteng ini. Setelah Jepang menyerah pada Sekutu, Benteng Kedung Cowek ini masih dalam kondisi bagus dan utuh, diklaim oleh pemerintah Indonesia. Bisa ditebak, dari sinilah nama Gudang Peluru berasal, saat para pejuang kemerdekaan Indonesia menggunakan semua fasilitas benteng menghadapi pasukan Inggris. Pada akhirnya pasukan Indonesia ini kalah dan harus mundur meninggalkan benteng, yang kemudian dikuasai pasukan Inggris. Banyak para pejuang yang gugur di Benteng Kedung Cowek selama perang, dan bahkan tanpa sempat dikuburkan dengan layak. Kedengaran agak serem ya, Dolaners?

Ngomong-ngomong tentang serem, Dolaners bahkan belum melihat gudang bawah tanahnya. Konon, lorong di ruang bawah tanah ini tembus sampai ke Kalimas walaupun belum ada yang pernah membuktikannya sendiri. Ada juga ruang-ruang kosong dengan lubang-lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilasi udara sekaligus sebagai fasilitas pengintai. Kalau Dolaners menemukan lantai cor setengah lingkaran, bisa jadi itu dulunya adalah landasan meriam atau tank. Beberapa bagian reruntuhan bangunan Belanda ini ada yang sudah siap untuk dikunjungi wisatawan. Tapi, beberapa spot lain masih tampak kotor.

Dolaners juga bisa jalan-jalan menikmati suasana pantai Selat Madura di luar benteng. Pantai di luar Benteng Kedung Cowek berbatu-batu, mungkin sengaja dibangun untuk mempersulit lawan yang mendarat atau sekedar menahan abrasi laut. Dibutuhkan jiwa petualang untuk menjelajah wilayah luar benteng ini karena sebagian besar lahannya berupa semak belukar dan pepohonan rimbun yang tumbuh liar. Dari area pantai, Dolaners bakal kesulitan melihat reruntuhan bangunan Benteng Kedung Cowek karena tersembunyi dibalik belukar liar yang cukup tebal.

Benteng Kedung Cowek Surabaya saat ini masih berada dalam pengawasan militer Indonesia. Jauh dari komersialisme, Dolaners bakal menemukan suasana yang lain di area yang lebih mirip hutan ini. Sebenarnya Benteng Kedung Cowek bisa jadi destinasi wisata sejarah bila dikelola dengan lebih baik. Tapi Dolaners tak perlu menunggu sampai saat itu tiba, bukan? Langsung saja meluncur ke lokasi!


AKTIVITAS

Kuliner
Karena bukan merupakan destinasi wisata yang dikomersilkan, Dolaners akan kesulitan menemukan penjual makanan atau minuman di sekitar Benteng Kedung Cowek.
Akomodasi
Tiket Masuk Rp. –
Kegiatan
Saat memasuki area Benteng Kedung Cowek, Dolaners dapat menjelajah semua spot benteng sepuas hati. Bila melihat-lihat reruntuhan bangunan benteng telah cukup, Dolaners bisa melewati area semak menuju pantai yang berbatu. Saat di sini, Dolaners gak bakal ngerasa lagi ada di Surabaya, deh.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Karena area Benteng Kedung Cowek ini berada dalam pengawasan militer, pastikan untuk lapor dan minta ijin pada petugas di pos terdekat. Area semaknya juga cukup lebat, hampir-hampir mirip hutan. Bila Dolaners berniat menyusuri area benteng ini, gunakan celana panjang dan sepatu untuk menghindari sengatan hewan berbisa atau gigitan ular.
Benteng ini bisa dicapai melalui darat, tinggal keluar jalan raya sesaat sebelum masuk tol Suramadu. Dolaners bisa juga naik perahu dan masuk ke area benteng melalui pantai.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link