Bontang Kuala

1875 views

Seperti apa gambaran yang muncul di benak Dolaners tentang kampung pemukiman nelayan? Apapun itu, sepertinya Dolaners akan mendapati suasana yang berbeda di Bontang Kuala. Pemukiman nelayan di pesisir timur Kota Bontang ini benar-benar beda dan menakjubkan. Selain suasananya, pemandangan dermaga di Bontang Kuala juga bikin nyaman, apalagi kalau dinikmati sambil makan kuliner khas Bontang.

Bontang Kuala, Bontang, Dolan Dolen, Dolaners

photo by migasmin

Dolaners pernah ke Venice? Kalau belum, datang saja ke Bontang Kuala dulu. Wilayah pemukiman di Bontang Kuala ini sebagian besar berada di perairan, hanya sedikit saja luas tanahnya. Ke mana-mana, Dolaners tak butuh mobil atau motor, tapi perahu. Udah mirip Venice, kan?

Konon cerita dari mulut ke mulut, Bontang Kuala adalah cikal bakal dari Kota Bontang saat ini. Kini, kawasan Bontang Kuala adalah pemukiman nelayan. Meskipun pemukiman nelayan, jangan dikira tempat ini sederhana atau kumuh. Sebaliknya, air laut di sekitar rumah-rumah penduduk tampak bersih tanpa sisa sampah rumah tangga apapun. Dolaners takkan menemukan satupun bungkus permen tercecer di jalan-jalan. Bahkan jalan-jalan pemukiman, yang lebih mirip dermaga ini, adalah jajaran bilah-bilah kayu ulin. Lapangan bolanya juga berlantai kayu ulin. Kekokohan kayu ini takkan membuat Dolaners tercebur ke laut karena patah lapuk.

Kemewahan lantai kayu ulin di 10 Rukun Tetangga ini dianggap biasa saja, sebagaimana Dolaners biasa saja berpijak pada tanah, rumput, atau jalan aspal. Dibandingkan area pemukiman lautnya, pemukiman darat Bontang Kuala hanya mencakup enam Rukun Tetangga saja.

Wilayah kelurahan ini berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kutai dan Lhok Tuan di sebelah utara dan Selat Makasar di sisi timurnya. Masih ada akses ke peradaban, yakni Kelurahan Tanjung Laut Indah serta Kelurahan Bontang Baru Dan Kelurahan Api-Api, masing-masing di sebelah sisi selatan dan barat Bontang Kuala.


AKTIVITAS

Kuliner
Pemukiman laut Bontang Kuala dilengkapi dengan kafe dan tempat-tempat makan yang menyediakan menu tradisional, seperti sambal gami, ikan bakar, cumi-cumi, udang, kepiting, pisang gapit, dan lain-lain. Di sini memang surganya kuliner Bontang. Sama saja seperti food court atau pujasera biasa, dengan hamparan lahan parkir motor, dan masih ada area dining outdoor. Jangan lupa membeli rumput laut, manisan, udang kering, atau terasi buatan nelayan untuk jadi oleh-oleh saat Dolaners pulang dari Bontang Kuala.
Akomodasi
Tidak ada biaya tiket masuk ke pemukiman Bontang Kuala. Kalau makan, satu porsi makanan dengan minuman, misalnya nasi dengan cumi sambal gami dan es jeruk, harga yang dibandrol kira-kira pada kisaran Rp 30.000,-an.
Kegiatan
Ada sebuah masjid tua di wilayah pemukiman laut ini, Masjid Al Misbah. Sama tuanya dengan usia pemukiman di Bontang Kuala, masjid ini adalah yang pertama didirikan di Bontang. Bisa jadi destinasi wisata religi kalau Dolaners tertarik. Sebaliknya, ada pula panggung dan lapangan yang disediakan untuk pementasan akhir tahun. Dolaners beruntung bila sempat menyaksikan seni tari, olahraga, atau ritual budaya warga Bontang Kuala. Dan semoga Dolaners datang ke Bontang Kuala saat sore atau pagi hari karena pemandangan sunset dan sunrise-nya di Anjungan benar-benar indah.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Ingatlah untuk menyimpan sampah pribadi sampai Dolaners menemukan tempat sampah. Dolaners takkan tega membuat kotor sedikitpun melihat kebersihan pemukiman Bontang Kuala ini. Apalagi beberapa warga memelihara ikan di tambak di sekitar rumah, jadi kebersihan pemukiman menjadi perhatian penting di sini. Oh ya, kalau melihat ikan gemuk di tambak, jangan asal dipancing ya, Dolaners.
Dari pusat Kota Bontang, Dolaners akan memerlukan waktu sekitar satu jam hingga sampai di Bontang Kuala. Mendekati lokasi, Dolaners akan menikmati jalan yang lebar dan lapang, dengan trotoar yang dan pohon-pohon bakau yang berjajar rapi. Mobil parkir di luar pemukiman ya, Dolaners. Kalau motor masih boleh masuk, tapi lebih asik mengitari pemukiman Bontang Kuala ini dengan berjalan kaki pelan-pelan.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link