Budug Asu

6472 views

Keindahan alam di wilayah Malang memang tak akan ada habisnya dan terus bermunculan satu demi satu sehingga menantang kita untuk beranjak dari rutinitas sehari-hari hanya sekedar ingin melihatnya secara langsung. Kali ini surga itu berada di kaki Gunung Arjuno tepatnya di daerah Lawang yang merupakan jalur masuk utama ke Kota Malang dari arah Surabaya. Pemandangan lepas berupa bukit yang luas akan tersaji memanjakan mata hingga terlihat gagahnya Gunung Arjuna mencengkeram bumi Arema.

Bukit Budug Asu Camp

Photo by Wulandari

Terkecoh dengan namanya Dolaners? Tunggu dulu, Budug Asu bukan merupakan tempat kandang hewan kok, tapi itu adalah salah satu dari sekian banyaknya wisata alam di Malang yang baru terkekspos belakangan ini. Dolaners yang sering ke Malang menuju jalur utara pastinya melewati daerah Lawang bukan? Nah dari situ Budug Asu bisa kita tuju. Jaraknya sekitar 16 kilometer dari Stasiun Lawang ke arah barat atau bisa ditempuh dalam waktu hampir satu jam hingga pos penitipan kendaraan motor.

Jalur yang dikatakan cukup aman yaitu melewati area wisata Kebun Teh Lawang, dari sini Dolaners bisa menanyakan kepada warga sekitar untuk rute menuju Budug Asu. Sebenarnya Dolaners, Budug Asu di Malang ini telah lama diketahui oleh warga pencari rumput untuk ternaknya, namun karena adanya media sosial tempat ini menjadi viral. Saat ini akses menuju Budug Asu telah semakin baik, hanya dengan tiket masuk sebesar 15 ribu rupah Dolaners akan merasakan sensasi berpetualang seperti mendaki gunung dengan melewati kebun sayur dan ladang tebu hingga hutan sebelum sampai pada lokasi. Dolaners perlu menyiapkan fisik dan mental yang kuat karena perjalanan akan ditempuh dengan jalan kaki sekitar 2 jam dan jangan khawatir kendaraan motor bisa dititipkan di rumah warga dengan biaya dua ribu rupiah saja.

Lokasi Budug Asu Lawang Malang masih jarang terjamah dan dengan keadaan medan yang seadanya, Dolaners disarankan berangkat beramai-ramai dan berhati-hati terhadap liarnya anjing pada area perkebunan tebu. Namun disitulah letak tantangan Dolaners sebelum akhirnya sampai pada puncak Budug Asu yang cocok dijadikan latar objek fotografi atau sekedar membagikan keindahan alam pada media Instagram. Bukit Budug Asu Camp akan semakin indah dikunjungi saat bulan purnama lho Dolaners, karena lipatan perbukitan Gunung Arjuno akan terlihat terang yang membuat hati dan pikiran terasa damai dan tenang.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Pastikan kondisi fisik dalam keadaan baik karena perlu Dolaners ketahui, akses menuju Budug Asu seperti mendaki gunung. Perbekalan yang cukup dan gunakan alas kaki khusus gunung agar tidak mudah terpeleset. Lebih baik berkunjung pada musim kemarau menghindari medan yang licin. Tak lupa performa baterai dan peralatan fotografi dijaga dengan baik untuk mengabadikan momen di puncak Budug Asu Malang.
Lebih sering dilalui kendaraan motor trail milik warga untuk mencari rumput, lebih baik Dolaners juga menyewa kendaraan khusus menuju Budug Asu dengan medan pegunungan seperti mobil jeep atau motor trail dari pos Stasiun Lawang.

 

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link