Sulawesi Tengah

Bukit Country

807 views

Country awalnya hanyalah sebuah merek rokok yang dulu banyak beredar di wilayah Indonesia. Namun, karena Bukit Lambuyan yang berada di wilayah Kabupaten Banggai sering didaki oleh pendaki yang membawa rokok Country, maka akhirnya bukit setinggi 600 mdpl ini diberi nama Bukit Country. Pesona alam yang dihadirkan Bukit Country ini sungguh sangat menakjubkan dengan lautan awan yang dapat ditemui seperti pada saat dolaners mendaki gunung lainnya.

Bukit Lombuyan / Bukit Country, Banggai, Sulawesi Tengah

Photo via Je Rico

Nama Bukit Country memang sudah cukup tenar bagi sebagian besar dolaners yang berada di wilayah Luwuk, Kabupaten Banggai. Keindahan panorama berupa padang rumput savana yang terbentang bagaikan permadani kuning kehijauan menyatu menyelimuti gelombang lekukan bukit-bukit yang gersang yang ada di sekitarnya. Bukit Country ini sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 600 Mdpl dan berada di kawasan Suaka Margasatwa Lombuyan di Desa Salodik, Kecamatan Luwuk Utara. Desa Salodik ini bisa dolaners tempuh dengan kendaraan roda dua atau empat dalam waktu 1 jam dari pusat kota Luwuk.

Untuk bisa sampai ke Bukit Country, maka dolaners harus berjalan kaki kurang lebih selama 2 jam dengan melewati jalur berupa hutan pinus dan padang ilalang yang tumbuh pada kawasan suaka margasatwa tersebut. Terkadang, disana juga menjadi tempat mencari makanan bagi ternak sapi milik warga setempat yang biasanya mengkonsumsi rumput-rumput muda. Pemandangan yang indah akan kita dapati selama perjalanan. Bukit Country ini awalnya diberi nama Bukit Lombuyan sesuai dengan nama suaka margasatwa yang terdapat disini. Tapi, karena adanya sekelompok pecinta alam yang menikmati pemandangan alam disini sekitar pada tahun 2006 silam dengan membawa rokok Country, maka akhirnya Bukit Lombuyan ini lebih dikena sebagai Bukit Country.

Dari atas Bukit Country, dolaners bisa menikmati pemandangan yang luas. Di bagian sebelah timur dolaners dapat melihat Gunung Tompotika yang berdiri kokoh membiru diselimuti awan. Di sebelah utaranya dolaners akan disuguhkan dengan pemandangan laut Teluk Tomini serta tepian pantai Desa Siuna, Desa Poh dan juga Tanjung Jepara. Di bagian sebelah baratnya mata dolaners akan dihibur dengan hamparan padang savana yang sangat luas. Di bagian sebelah selatan dolaners akan dibuat terkagum-kagum dengan pemandangan bukit yang ditumbuhi hutan lebat. Sangat beragamnya pemandangan alam disini tentunya membuat siapapun yang datang ke Bukit Country ini betah untuk berlama-lama.


AKTIFITAS

Kuliner
Di lokasi wisata Bukit Country Luwuk,dolaners tidak akan menemukan penjual makanan dan minuman karena berada di dalam hutan yang masih alami dan sangat terjaga kelestariannya. Sebaiknya dolaners mempersiapkan bekal terlebih dahulu sebelum mendaki Bukit Country ini.
Akomodasi
Untuk mendaki Bukit Country ini, dolaners tidak akan dikenai biaya apapun. Akan tetapi, sebaiknya apabila dolaners memarkir kendaraan dolaners di dekat pemukiman warga, maka sebaiknya membayar seikhlasnya saja pada warga pemilik lahan.
Kegiatan
Di Bukit Country ini dolaners bisa melakukan kegiatan perkemahan ataupun sekedar bersantai menikmati beragam pemandangan alam cantik yang ditawarkan dari atas Bukit Country ini. Selain itu, lokasi wisata Bukit Country juga sangat instagrammable dan bisa dolaners jadikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan fotografi.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Sebaiknya dolaners memulai perjalanan dolaners pada pagi atau sore hari karena jika memulainya pada siang hari, maka tenaga dolaners akan cepat terkuras oleh teriknya matahari Luwuk. Selain itu, jagalah kebersihan Bukit Country ini, karena pemandangan lukisan alam tersebut adalah anugerh yang maha kuasa.
Dolaners bisa melakukan perjalanan ke Desa Salodik dengan menggunakan kendaraan beroda dua ataupun beroda empat dan akan memakan waktu tempuh sekitar 1 jam dari pusat Kota Luwuk. Setelah itu, perjalanan dolaners akan dilanjutkan dengan melakukan trekking melewati jalur hutan pinus dan padang savana selama 2 jam sebelum akhirnya sampai ke puncak Bukit Country.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link