Bali

Bukit Kelingking

1659 views

Terletak di atas tebing ketinggian dengan view berupa tebing karang dewa dan pantai berpasir putih, jelas membuat bukit kelingking atau yang lebih tenar dengan Kelingking Secret Point menjadi salah satu destinasi favorit di kawasan Nusa Penida. Keindahannya dipastikan mampu menyihir mata setiap dolaners yang datang mengunjunginya.

Kelingking Secret Point

Photo by Jackson

Bukit Kelingking atau yang biasa dikenal dengan Kelingking Secret Point merupakan sebuah bukit batu karang yang memiliki ketinggian 150 meter di atas permukaan laut. Di bawahnya terdapat sebuah pantai dengan pasir putih yang membentang sepanjang 80 meter dan biasa disebut dengan Pantai Kelingking. Namun, untuk bisa sampai ke Pantai Kelingking, dolaners harus menuruni tebing terjal Bukit Kelingking yang ketinggiannya mencapai 150 meter tadi. Pada bagian atas Bukit Kelingking ini bnyak ditumbuhi oleh rerumputan hijau yang biasa digunakan oleh para wisatawan yang datang untuk sekedar bersantai dan memandangi pesona keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Kelingking dengan tebing karangnya yang begitu terjal.

Keunikan lain dari Bukit Kelingking adalah dengan adanya tebing yang konturnya mirip ikan paus yang menjorok ke arah lautan. Tebing ini biasa disebut sebagai tebing Karang Dawa. Dikarenakan dolaners tidak bisa melewati tebing karang dewa dan tidak adanya akses jalan turun ke bawah, maka dolaners hanya bisa melihat keindahan panorama Pantai Kelingking tersebut dari atas bibir tebing yang unik tadi. Walaupun demikian, pemandangan yang disajikan dari atas tebing pastinya tidak akan gampang dolaners temukan di tempat wisata yang lain.

Sebenarnya, tempat wisata keren yang satu ini baru ditemukan pada tahun 2003 silam oleh wisatawan asing asal Republik Ceko dan Australia. Akan tetapi, tidak lama kemudian tempat wisata yang satu ini selalu menjadi destinasi pilihan di kawasan Nusa Penida. Sayangnya, di tempat ini belum ada penginapan yang memungkinkan dolaners untuk bermalam disini. Akan tetapi, dolaners masih bisa menginap disini dengan mendirikan tenda dan tentunya hal tersebut akan menjadi sebuah pengalaman yang tak akan dolaners lupakan. Jika dolaners ingin mengambil gambar, maka dari atas Bukit Kelingking dolaners dipastikan akan mendapatkan gambar yang berkualitas karena keindahan Bukit Kelingking Nusa Penida memang bagaikan surga yang membentang di tanah para dewa.


AKTIFITAS

Kuliner
Sebaiknya, saat dolaners berkunjung kesini harus menyiapkan makanan dan minuman sebagai bekal saat dolaners berada disini karena perjalanannya akan cukup melelahkan dan sulit untuk menemukan warung makanan di sekitar Bukit Kelingking, Nusa Penida.
Akomodasi
Biaya Sewa Perahu Motor dari Sanur : Rp. 75.000,-
Biaya Sewa Motor : Rp. 60.000,-/hari
Kegiatan
Di kawasan wisata Bukit Kelingking Nusa Penida, dolaners bisa untuk menikmati keindahan alam Pantai Kelingking dari atas ketinggian tebing karang. Dolaners juga bisa untuk melakukan kegiatan lain seperti berkemah dan mengabadikan keindahan Bukit Kelingking ini dengan kamera dolaners.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Janganlah melakukan hal-hal yang terlalu ekstrim di pinggir tebing Bukit Kelingking, karena bisa membahayakan keselamatan dolaners sendiri. Bawalah bekal yang cukup agar kegiatan wisata dolaners bisa lebih nyaman dan menyenangkan.
Untuk mencapai kawasan Nusa Penida, maka dolaners bisa berangkat dengan menyewa perahu motor dari Pantai Sanur. Kemudian, perjalanan dolaners bisa dilanjutkan dengan menyewa motor dan melakukan perjalanan ke Bukit Kelingking yang jaraknya sekitar 25 km dari dermaga Nusa Penida.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link