Bukit Klangon

991 views

Erupsi Merapi pada tahun 2010 menyisakan kenangan yang tak bisa dihapus dari benak. Bekas-bekas guratan erupsi ini juga masih nampak di bumi. Tapi dalam kurun waktu tujuh tahun, telah banyak yang berubah di lereng gunung vulkanik aktif ini. Kini, ada destinasi wisata alam kekinian, yang menjadikan Gunung Merapi selebgram terhits dipenghujung tahun ini. Bukit Klangon menjadi destinasi wisata alam yang semakin ramai dikunjungi karena view eksotis Merapi.

Bukit Klangon, Bukit Klangon Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by tunggalsatuajak

Pesona Gunung Merapi memang tak pernah pudar sekalipun erupsinya berdampak cukup parah. Inilah yang terasa saat Dolaners berada di kawasan Bukit Klangon. Nyaris tak ada yang istimewa di bukit ini, kecuali puncak Merapi yang tampak begitu dekat dari gardu pandang.

Yak, gardu pandang adalah spot andalan destinasi wisata alam di lereng gunung berapi aktif ini. Karena memang masih anyar, Bukit Klangon baru punya satu gardu pandang yang menjadi spot selfie dengan latar belakang puncak Merapi. Tapi tak main-main, gardu pandang ini tingginya 5 meter. Tenang, dari tampilannya saja sudah tampak kokoh. Dolaners tak perlu kuatir meskipun strukturnya hanya terbuat dari bambu.

Mendapat bantuan dana dari Riotary International, Bukit Klangon menjadi hits setelah banyak foto-foto bertebaran di media sosial dengan latar belakang puncak Merapi yang tampak begitu dekat. Bahkan, popularitas nama Bukit Klangon sendiri mengalahkan nama asli lokasi ini, Wisata Alam Bukit Glagaharjo atau Bukit Glagahsari. Dan sesuai dengan penyandang dananya, lokasi hits ini juga terkenal dengan nama Gardu Pandang Rotary.

Seiring waktu, Bukit Klangon semakin ramai saja. Memang kawasan Taman Nasional Gunung Merapi menyimpan keindahan sekaligus bekas luka yang kentara, yang justru menambah pesonanya. Pemandangan hutan, bebatuan vulkanik Merapi, hingga jurang-jurang menganga bekas aliran lava Merapi menjadi daya tarik wisata di kawasan Bukit Klangon. Didukung oleh udara yang sejuk, pengunjung seakan lupa waktu saat mengeksplor kawasan wisata ini. Beruntung, fasilitas di Bukit Klangon cukup memadai, termasuk warung makan, mushola, dan toilet.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bukit Klangon terletak di daerah Kawasan Rawan Bencana III. Sudah terbayang seberapa dekat lokasi ini dengan puncak Merapi? Selain berdampak pada latar belakang selfie yang keren, Dolaners juga bisa melihat langsung bekas-bekas erupsi di Bukit Klangon. Sekedar info, Bukit Klampok ini adalah titik tertinggi pemukiman warga di lereng Merapi. Jadi ekosistem satwa liar juga masih terjaga baik. Bisa jadi Dolaners sempat melihat burung-burung langka, misalnya ala-alap Jawa. Jadi, tetep jaga lingkungan dengan tidak menyampah, ya.
Sebaiknya Dolaners menggunakan kendaraan pribadi atau sewa untuk mencapai lokasi. Dari Kota Yogyakarta, Dolaners membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di Bukit Klangon. Pilih rute menuju Kaliurang, belok kanan di pertigaan ke Cangkringan/ Kaliadem. Kemudian, belok kanan lagi di pertigaan ke The Lost World Castle atau Merapi Golf. Di pertigaan berikutnya, belok kiri. Lanjutkan perjalanan, terus lurus, dan ikuti petunjuk arah yang sudah banyak di area ini. Tepatnya, lokasi Bukit Klangon berjarak sekitar 2 km dari The Lost World Castle.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link