Bukit Lintang Sewu

350 views

Bosan gak sih, kalau jalan-jalan ke hutan pinus melulu? Hutan pinus emang hits banget, ya. Tak heran kalau banyak sekali Dolaners yang berminat mengunjungi hutan-hutan pinus di Yogyakarta, apalagi pemandangannya memang cantik banget. Penggemar selfie tentu paham sekali akan hal ini, Tapi sesekali bolehlah, berganti suasana ke hutan kayu putih. Seperti apa sih, suasana hutan kayu putih? Nah, mau tahu seperti apa bedanya dari hutan pinus? Yuuuk ke Bukit Lintang Sewu!

Bukit Lintang Sewu, Bukit Lintang Sewu Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

phot by mariakarinaa

Kabupaten Bantul memang punya belasan destinasi wisata alam yang memesona. Apalagi bukit dengan hutan pinusnya yang selalu menawarkan panorama dan suasana segar Yogyakarta. Tapi tak berpuas diri dengan potensi alamnya, kini menyusul hits, Bukit Lintang Sewu.

Masih menawarkan pemandangan alam Yogyakarta dari bukit, tapi Bukit Lintang Sewu bukan hutan pinus. Walaupun berdekatan dengan Hutan Pinus Asri, Dolaners akan mendapati hutan pepohonan kayu putih di Bukit Lintang Sewu. Unik, bukan? Kalau konsep wisatanya sendiri masih satu tema, dengan spot-spot selfie dan gardu pandang.

Trus, apa saja spot selfie di Bukit Lintang Sewu? Ada telapak kaki raksasa atau tapak buto, gazebo, dan rumah pohon yang bisa jadi pilihan spot selfie Dolaners. Ada pula dua tugu watu asah yang bentuknya menyerupai gapura bentar. Berada di tepian tebing, selfie di antara dua tugu Bukit Lintang Sewu ini akan menghasilkan sebuah foto dengan latar belakang birunya langit. Cantiknya saat sunset, warna langit berubah lembayung. Saat malam datang, Dolaners bisa melihat ribuan bintang di langit kelam, persis seperti namanya, lintang yang berarti bintang dan sewu yang berarti seribu. Namun sebagian pengunjung lebih tertarik melihat bintang-bintang di lembah, yaitu lampu-lampu kota yang gemerlap di kawasan pemukiman yang gelap. Pemandangan lembah saat malam ini tak kalah menariknya dari langit malam, Dolaners. Berada di bukit ini, Dolaners memang disuguhi bentangan cakrawala yang begitu luas melegakan.

Disiang hari, Bukit Lintang Sewu, tampak pemandangan yang melenakan mata berupa hijaunya lembah dengan Gunung Merapi yang megah di latar belakang. Tak cuma Gunung Merapi, Dolaners juga bisa melihat Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Pegunungan Menoreh, terutama saat cuaca sedang cerah.


AKTIVITAS

Kuliner
Jangan lupa membawa perbekalan makan dan minum sendiri bila Dolaners hendak jalan-jalan ke Bukit Lintang Sewu. Warung makan di destinasi wisata ini hanya buka saat musim liburan.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 3.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Selfie: Rp 3.000,- per spot
Kegiatan
Tak cuma selfie, Dolaners bisa menikmati suasana hutan kayu putih yang tentunya berbeda dari hutan pinus. Bukit Lintang Sewu, berada di ketinggian dan menawarkan jarak pandang cakrawala yang leluasa, juga bisa jadi spot untuk menikmati sunrise maupun sunset. Sambil menunggu sunset, Dolaners bisa jalan-jalan menghirup udara segar perbukitan. Jika berburu sunrise, tentunya Dolaners musti camping di Bukit Lintang Sewu.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bukit Lintang Sewu berlokasi tak jauh dari Hutan Pinus Asri. Jarak keduanya cuma sekitar 500 meter, dengan Bukit Lintang Sewu berada di sisi lebih ke arah utara dari Hutan Pinus Asri. Dolaners bisa sekalian mengunjungi destinasi wisata terdekat, seperti Hutan Pinus Mangunan, Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici, Seribu Batu Songgo Langit, Hutan Pinus Pengger, Bukit Panguk, Jurang Tembelan, dan yang paling jauh adalah Watu Payung Panggang. Semua destinasi wisata ini bisa ditempuh tak sampai 1 jam dari Bukit Lintang Sewu.
Lokasi Bukit Lintang Sewu di Desa Muntuk Bantul ini bisa diakses dalam waktu sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi dari Kota Yogyakarta. Jarak sejauh sekitar 21 kimometer ini, rutenya dimulai dari arah Terminal Giwangan Yogyakarta, Dolaners melaju saja di Jalan Imogiri Timur terus ke arah selatan. Ambil rute ke arah Kebun Buah Mangunan, sama bila Dolaners menuju ke arah Hutan Pinus Asri. Bedanya, lurus saja di persimpangan, lewati Hutan Pinus Asri, dan Dolaners akan tiba di Bukit Lintang Sewu tak jauh setelah melewati hutan pinus.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link